Kompas.com - 13/07/2013, 03:00 WIB
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Jacksen F Tiago bersama Manager Timnas Indonesia, Rudi Maswi dan pemain timnas Indonesia, Boaz Salossa ketika memberikan keterangan pers jelang laga Indonesia VS Belanda di Stadion Utama gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2013). Rencananya pada 7 Juni esok tim Indonesia akan berhadapan dengan Belanda pada laga bertajuk Garuda VS Oranje. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Jacksen F Tiago bersama Manager Timnas Indonesia, Rudi Maswi dan pemain timnas Indonesia, Boaz Salossa ketika memberikan keterangan pers jelang laga Indonesia VS Belanda di Stadion Utama gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2013). Rencananya pada 7 Juni esok tim Indonesia akan berhadapan dengan Belanda pada laga bertajuk Garuda VS Oranje.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, mengaku terkesan dengan performa sejumlah pemain debutan yang menghiasi skuad Garuda menjelang laga persahabatan melawan Arsenal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (14/7/2013).

Melawan Arsenal, Jacksen memanggil 25 pemain yang lima di antaranya merupakan debutan timnas Indonesia. Kelima pemain itu adalah Rizky Ripora (Pelita Bandung Raya), Rizki Pellu (Barito Putera), AA Ngurah Wahyu (Persija Jakarta), Firdaus Ramadhan (Persita Tangerang), dan Rivki Modokompit (Sriwijaya FC).

"Mereka (pemain baru) sudah cukup bagus. Komunikasi juga sudah terjalin dengan baik dan mereka cukup nyaman di lingkungan timnas. Mudah-mudahan dengan begitu pemain bisa tampil maksimal pada laga nanti," ungkap Jacksen sesuai memimpin latihan timnas di SUBGK, Jakarta, Kamis (11/7/2013) malam.

Jacksen mengatakan, tim pelatih mempunyai alasan tersendiri ketika memanggil lima pemain debutan tersebut. Menurut pelatih yang juga menangani Persipura Jayapura itu, Indonesia saat ini mempunyai talenta-talenta muda yang harus dikembangkan dengan baik.

Firdaus, misalnya, menurut Jacksen, punya permainan impresif dan bertanggung jawab sejak di Pelita, meskipun sekarang dia bermain di tim yang tidak begitu bagus. "Namun, dia memang sedikit emosional. Kini di Persita dia juga tampil bagus," ujar Jacksen.

Lalu, lanjut Jacksen, Ripora juga sangat menonjol pada musim lalu. "Tidak heran Barito mendatangkannya," kata Jacksen.

"Jadi, pelatih akan menilai beberapa hal ketika memanggil mereka," tegas Jacksen. Dia pun mengatakan ada beberapa pemain lain yang dipantau tim pelatih untuk memperkuat timnas pada pertandingan kualifikasi Piala Asia 2015. Pada Oktober 2013, timnas Indonesia dijadwalkan berhadapan dengan China dalam laga kualifikasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Arsenal Asia Tour 2013Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.