Daya Kejut Jepang Buat Italia Tertinggal 1-2

Kompas.com - 20/06/2013, 05:48 WIB
EditorHery Prasetyo

RECIFE, KOMPAS.com - Jepang secara mengejutkan berhasil mengungguli Italia 2-1 pada babak pertama babak penyisihan Grup A Piala Konfederasi 2013 di Arena Pernambuco, Recife, Rabu atau Kamis (20/6/2013) pagi hari WIB.

Jepang mengawali laga dengan cukup baik. Mereka mampu mendikte Italia dalam 15 menit pertama. Ancaman pertama datang dari tandukan keras Ryoichi Maeda pada menit ke-6. Sayang, sundulan Maeda mengarah ke kiper Gianluigi Buffon sehingga bola masih mudah diamankan.

Berselang enam menit kemudian, Yasuhito Endo mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, gawang Buffon masih aman karena tembakan Endo masih melayang di atas mistar.  

Jepang terus mengendalikan permainan. Kagawa melepaskan tembakan keras tetapi usaha pemain Manchester United tersebut masih bisa digagalkan Buffon.

Ironisnya, Buffon melakukan kesalahan fatal yang berbuah hadiah penalti bagi Jepang. Kiper Juventus tersebut dinilai melakukan pelanggaran terhadap  Shinji Okazaki pada menit ke-20. Keisuke Honda yang menjadi algojo sukses menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang Italia.

 Tertinggal, Gli Azzurri masih kesulitan mengembangkan permainannya. Serangan yang dibangun Andrea Pirlo dan kawan-kawan terlalu mudah dipatahkan oleh Jepang.

Pelatih Italia, Cesare Prandelli, langsung melakukan perubahan dengan memasukkan Sebastian Giovinco. Masuknya pemain Juventus tersebut diharapkan bisa membuat Italia semakin agresif.

Namun, Prandelli harus kembali mendapatkan tamparan melihat gawang Buffon dijebol oleh Kagawa pada menit ke-33. Gol bermula dari kesalahan  Giorgio Chiellini saat hendak membuang bola. Kagawa yang melihat bola langsung memutar badan dan melepaskan tembakan keras. Buffon hanya terdiam melihat bola meluncur ke gawangnya.

Meski begitu, Italia sedikit bisa bernapas lega setelah Daniele De Rossi mencetak gol pada menit ke-41. Pemain AS Roma tersebut berhasil melepaskan tandukan keras, memanfaatkan sepak pojok Pirlo. Skor 2-1 untuk keunggulan Jepang bertahan hingga turun minum.

Susunan Pemain
Italia:
1- Gianluigi Buffon; 2- Christian Maggio, 15- Andrea Barzagli, 3- Giorgio Chiellini, 5- Mattia De Sciglio; 16- Daniele De Rossi, 21- Andrea Pirlo, 18- Ricardo Montolivo; 22- Emanuele Giaccherini, 70 Alberto Aquilani (Giovinco 30); 9- Mario Balotelli
Pelatih: Cesare Prandelli

Japan: 1- Eji Kawashima; 6- Atsuto Uchida, 22- Maya Yoshida, 15- Yasuyuki Konno, 5- Yuto Nagatomo; 17- Makoto Hasebe, 7- Yasuhito Endo; 9- Shinji Okazaki, 4- Keisuke Honda, 10- Shinji Kagawa; 18- Ryoichi Maeda
Pelatih: Alberto Zaccheroni

Wasit: Diego Abal

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X