Kompas.com - 15/06/2013, 04:09 WIB
EditorHery Prasetyo

BRASILIA, KOMPAS.com — Legenda sepak bola Brasil sekaligus mantan pelatih tim nasional Jepang, Zico, tak sabar menantikan duel tim Samba melawan pasukan Samurai Biru pada partai pembuka Piala Konfederasi 2013 di Stadion Nacional, Brasilia, Sabtu (15/6/2013).

Kendati secara catatan sejarah Jepang jelas kalah jauh ketimbang Brasil, Zico kini berani menyebut pertandingan kedua tim nanti bakal berlangsung menarik. Zico yang pernah melatih Jepang pada 2002-2006, memuji peningkatan kualitas sepak bola Jepang.

"Dari pertemuan kedua, ini bisa menjadi salah satu laga paling sulit yang pernah terjadi antara kedua belah pihak. Dan, itu karena dua alasan," jelas Zico seperti dilansir situs resmi FIFA.

"Pertama, orang Jepang semakin kuat sepanjang waktu, dengan semakin banyak pemain mereka di liga-liga seperti Jerman, Italia, Inggris, dan Rusia. Kedua, Brasil masih mencari mereka formasi terbaik dan susunan pemain inti yang tepat," tambahnya.

"Sekarang, Jepang telah memastikan tiket Piala Dunia 2014. Jepang lebih santai menjalani permainan, meskipun saya pikir mereka masih merasa sulit melawan tim asal Amerika Selatan. Akan tetapi, laga nanti seharusnya menjadi pertandingan yang menarik," ucap Zico.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.