Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laga Inggris Vs Norwegia Diiringi lagu Rasial

Kompas.com - 09/06/2013, 20:01 WIB

PETACH-TIKVA, KOMPAS.com - Uni Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) kembali  dipusingkan oleh kasus rasialisme. Kali ini terjadi di pertandingan Piala Eropa U-21 antara Inggris dan Norwegia. Sebelum pertandingan, DJ yang memutar musik di stadion memutar sebuah lagu dengan lirik bernada rasial.

Ironisnya, lagu yang mengandung n-word (referensi terhadap orang keturunan Afro-Amerika) tersebut justru diputar sebelum UEFA mengeluarkan pesan antirasialisme.

Terkait insiden memalukan tersebut, UEFA pun berjanji akan melakukan investigasi, terutama mengenai kenapa lagu tersebut bisa diputar di dalam stadion.

Ini bukan pertama kalinya mereka berhadapan dengan isu rasialisme selama penyelenggaraan Piala Eropa U-21. Pada bulan Oktober 2012, UEFA menghadapi kritik dari banyak pihak karena hanya menjatuhkan denda sebesar 65.900 poundsterling (sekitar Rp 790, 8 juta) untuk tim nasional Serbia karena pendukungnya melecehkan pemain Inggris, Danny Rose.

Dalam babak play-off di Krusevac, para penggemar Serbia menyoraki Rose dengan suara seperti monyet dan Rose mengklaim bahwa ia dua kali dilempar batu saat melakukan lemparan ke dalam. Kesal, Rose menendang bola ke arah penonton dan mendapat kartu merah di menit akhir pertandingan.

Insiden tersebut sempat menimbulkan keributan antara kedua kubu. Kejadian itu membuat para penggiat sepak bola Inggris menganggap UEFA seharusnya tidak hanya memberi sanksi finansial, melainkan juga menjatuhkan larangan bermain bagi Serbia. (DM)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com