Kompas.com - 07/06/2013, 09:53 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Timnas Belanda yang akan menjadi tamu dalam laga tanding dengan timnas Garuda, Jumat (7/6/2013), tidak menampilkan tim inti. Hanya Robin van Persie, Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan Jermaine Lens, deretan bintang yang bakal dipasang. Apa analisis pengamat di balik strategi Louis van Gaal tak memboyong skuad lengkapnya ke Stadion Gelora Bung Karno?

"(Faktor) pertama, Piala Eropa U-21 yang pada saat ini berlangsung di Israel, membuat pemain inti dan muda seperti Daley Blind, Jordie Clasie, Kevin Strootman, Adam Maher, Leroy Fer, diprioritaskan ke timnas U-21," kata pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana, melalui surat elektronik yang diterima Kompas.com, Kamis (6/6/2013). Alasan kedua, sebut Justin, adalah alasan cedera atau kurang ritme pertandingan. Klass-Jan Huntelaar, Nigel de Jong, Tim Krul, dan Rafael van der Vaart, menurut Justin, adalah pemain yang masuk kategori sengaja ditinggalkan Louis van Gaal karena alasan kedua tersebut.

Sementara alasan ketiga strategi Van Gaal, menurut Justin adalah eksperimen memunculkan empat pemain yang bakal menjalani debut di timnas Belanda. Mereka adalah Lerin Duarte (Heracles), Miguel Nelom (Feyenoord), Dwight Tiendalli (Swansea City), dan Jens Toornsta (FC Utrecht). Dia mengatakan komposisi pemain yang dibawa Van Gaal dalam lawatan ini pun mengundang kontroversi di Belanda.

Bukan Van Gaal kalau tak kontroversial...

"Mengapa Van Gaal membawa Pieters bukan Jetro Willems?" sebut Justin tentang contoh kontroversi yang merebak di Belanda soal lawatan ini. Erik Pieters nyaris setahun cedera di PSV dan tempatnya diisi oleh Jetro Willems yang menjadi bek kiri inti di timnas era Bert van Maarwijk.

Juga, lanjut Justin, dipertanyakan juga kenapa Van Gaal tidak membawa Alexander Buttner yang beberapa kali bermain di tim Inti Manchester United. Pemilihan Miguel Nelom pun menjadi tanda tanya. Nelom nyaris tidak pernah bermain di Feyenoord. Selain itu, keputusan Van Gaal membawa Cillessen sebagai kiper ketiga, dianggap sedikit aneh. Cilessen adalah cadangan abadi di Ajax.

"Namun, bukan Van Gaal namanya jika tidak ada kontroversi," kata Justin. Membawa pemain cadangan akan menjadi motivasi tertentu untuk meyakinkan Van Gaal agar peluang para pemain itu dibawa ke Piala Dunia 2014 tetap terbuka lebar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara bagi para pemain cadangan, susunan tim ini jelas menjadi sebuah motivasi besar jika diberikan peluang untuk bermain. Sebut saja Ricky van Wolfswinkel yang kembali terseleksi untuk pertama kali semenjak debut pada 2010.

Begitu juga dengan Ron Vlaar dan John Heitinga yang akhir-akhir ini selalu menjadi cadangan di timnas Belanda. Khusus bagi Daryl Janmaat, laga ini adalah peluang besar bagi bek kanan Feyenoord tersebut. Dia harus bersaing dengan Ricardo van Rhijn (Ajax) dan Gregory van der Wiel (Paris Saint-Germain).

Di lini tengah, tidak ada Van der Vaart, De Jong, Strootman, Clasie, Maher, dan Leroy Fer. Hanya Sneijder yang didukung oleh pemain baru seperti Jonathan de Guzman, Jens Toornstra, Lerin Duarte, dan Siem de Jong, pemain yang minim jam terbang internasional.

 

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.