Guardiola Sudah Dinanti di Allianz Arena

Kompas.com - 25/05/2013, 03:34 WIB

MUENCHEN, KOMPAS.com — Mantan gelandang Bayern Muenchen, Michael Ballack, menilai tidak mudah untuk meneruskan tugas pelatih Jupp Heynckes di skuad Die Rotten musim depan. Namun, menurutnya, jika ada pelatih yang mampu melakukannya, itu adalah Pep Guardiola.

Guardiola sendiri dipastikan akan membesut Arjen Robben dan kawan-kawan mulai 1 Juli mendatang. Kepastian itu diambil setelah Heynckes memutuskan untuk pensiun pada akhir musim ini.

Ballack mengatakan, statistik Bayern musim ini memang sangat baik. Untuk itu, mantan pemain Chelsea itu menilai, butuh sosok pelatih yang setidaknya setara dengan kemampuan Heynckes.

"Jika Anda melihat statistik tahun ini, Bayern Muenchen bermain di musim yang luar biasa, mencetak banyak gol, kebobolan sedikit, dan lihat cara mereka bermain. Mereka sangat mendominasi dan mampu seimbang saat melakukan serangan balik dan melakukan penguasaan bola," ujar Ballack.

"Merupakan hal sulit untuk meningkatkan tim dengan level seperti itu, tetapi jika ada seseorang yang mampu melakukannya, mungkin itu Guardiola," tambahnya.

"Sebelum dia memutuskan istirahat (setelah melatih Barcelona), dia membuktikan bahwa dirinya adalah salah satu pelatih terbaik saat melatih tim terbaik di dunia, Barcelona. Mereka mendominasi dalam beberapa tahun. Jadi, dia tahu bagaimana cara mengembangkan tim yang sudah berada di puncak," tutur Ballack.

Bersama Bayern, Ballack sempat merasakan tiga kali gelar Bundesliga di antara periode 2002 hingga 2006. Ia pun mendukung mantan klubnya tersebut untuk mengalahkan Borussia Dortmund pada final Liga Champions, Sabtu (25/5/2013).

"Cederanya Mario Goetze (Dormund) akan menjadi krusial. Tidak memainkan talenta besar di belakang bomber Robert Lewandowski dalam posisi kunci adalah sebuah kehilangan besar," kata Ballack.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com