Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Van Gaal: Belanda Sulit Jadi Juara Dunia

Kompas.com - 24/05/2013, 02:36 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Belanda, Louis van Gaal, menilai peluang timnya untuk menjuarai Piala Dunia 2014 sangat kecil. Menurutnya, Belanda masih harus mengoptimalkan performanya untuk bersaing dengan sejumlah negara besar lainnya.

Sepanjang sejarah, Belanda menjadi salah satu tim yang belum pernah mencicipi gelar dunia. Teranyar, pada Piala Dunia 2010, De Oranje harus puas hanya berstatus sebagai runner-up setelah dikalahkan Spanyol 0-1.

"Itu akan menjadi sebuah kejutan, tetapi saya pikir tidak," ucap Van Gaal ketika ditanya mengenai peluang juara Belanda pada Piala Dunia 2014. "Saya bisa menghitung delapan tim yang mempunyai peluang lebih baik untuk menjadi juara dunia ketimbang Belanda."

"Saya selalu berpikir sesuatu yang nyata. Saya memang memimpikan untuk menjadi juara dunia. Saya menyukai hal tersebut. Karena itulah saya menjadi pelatih," tuturnya lagi.

Van Gaal mengambil alih posisi pelatih Belanda dari Bert van Maarwijk setelah Belanda tersingkir dari penyisihan grup Piala Eropa 2012. Di tangan Van Gaal, Belanda sejauh ini mampu meraih enam kemenangan bersama Robin van Persie dan kawan-kawan.

Pada Juni mendatang, Van Gaal akan kembali memimpin timnya untuk melakoni beberapa laga persahabatan di Asia. Salah satu pertandingan itu adalah melawan Indonesia yang akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 7 Juni 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com