Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan dkk Pilih Dortmund Juara Eropa

Kompas.com - 23/05/2013, 06:07 WIB

DORTMUND, KOMPAS.com — Setelah Paul si Gurita yang menjadi fenomena pada Piala Dunia 2010, kini muncul sejumlah binatang yang memprediksi Borussia Dortmund bakal menjuarai Liga Champions mengalahkan Bayern Muenchen. Beberapa binatang yang bertugas menjadi "peramal" tersebut berasal dari sejumlah kebun binatang di Jerman.

Pada edisi Liga Champions musim lalu juga terdapat seekor llama bernama Nicholas yang memprediksi pemenang final antara Chelsea dan Bayern. Nicholas pun sukses menjadi peramal seperti Paul karena pilihannya yaitu Chelsea berhasil menjadi kampiun di Allianz-Arena.

Untuk perhelatan tahun ini, setidaknya ada tiga jenis hewan dari tiga kebun binatang berbeda di Jerman yang bertugas untuk memprediksi siapa klub terbaik di Eropa. Seperti dilansir Espnfc.com, ketiga hewan tersebut adalah orangutan, tapir, dan berang-berang.

Walter, seekor orangutan di kebun binatang Dortmund, memilih Dortmund. Walter menentukan pilihannya tersebut setelah perwakilan surat kabar Ruhr Nachrichten meminta agar petugas kebun binatang, Eddie Laudert, menempatkan seragam Dortmund dan Bayern di dekat Walter.

Walter sempat tertarik untuk mengambil seragam Bayern. Namun, orangutan itu kemudian memalingkan pandangannya ke seragam berwarna kuning milik Dortmund, meskipun pada akhirnya Walter gagal menyelipkan seragam tersebut ke tubuhnya seperti yang awalnya direncanakan.

Namun, karena berdomisili di Dortmund, pilihan Walter tersebut bisa dituding menjadi bias. Oleh karena itu, pihak pemrakarsa kemudian berpindah ke kebun binatang lain yang berdomisili di Leipzig dan Aue. Hasilnya pun sama, beberapa binatang memilih Dortmund sebagai juara.

Di kebun binatang Leipzig, seekor tapir bernama Baru dihadapkan pada dua pilihan kohlrabi (lobak Jerman) berwarna kuning-hitam (Dortmund) dan putih-merah (Bayern). Baru pun kemudian memilih kohlrabi berwarna kuning-hitam.

Sementara di kebun binatang Aue, dua ekor berang-berang bernama Ferret dan Mormel pun bertindak sama dengan rekan-rekan sebelumnya. Kedua berang-berang itu lebih memilih mengambil makanan kecil yang ditempatkan di sudut yang bertanda lambang Dortmund ketimbang Bayern.

Apakah kali ini ramalan sejumlah binatang tersebut tepat? Silakan ikuti saja karena apa pun hasilnya, para binatang itu mungkin tidak peduli karena untuk tahun ini negaranya dipastikan akan menjadi juara di Eropa.

Hanya gajah bernama Nelly yang mendukung Bayern. Gajah yang berdomisili di Serengeti Park, Hodenhagen, ini ketika diberi bola kemudian membawanya ke gawang Dortmund dan memasukkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com