Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Schuster: Dominasi Spanyol Akan Segera Berakhir

Kompas.com - 01/05/2013, 01:33 WIB

MADRID, KOMPAS.com Mantan Pelatih Real Madrid asal Jerman, Bernd Schuster, menilai dominasi sepak bola Spanyol di dunia akan segera berakhir. Hal tersebut diungkapkannya menanggapi hasil dua pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions.

Dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, mengalami kekalahan saat bertemu dengan dua wakil Jerman, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund. Barca takluk 0-4 dari Bayern, sedangkan Madrid diempaskan Dortmund 1-4.

Schuster menilai, hasil leg pertama tersebut menandakan bahwa sepak bola Jerman akan bangkit. Menurutnya, era sepak bola Spanyol akan digantikan oleh dominasi Jerman dalam beberapa tahun ke depan.

"Sepak bola bekerja dengan generasi. Dalam beberapa tahun terakhir, Spanyol mempunyai klub yang hebat dan telah menciptakan beberapa pemain yang fantastis. Namun, siklus itu akan berakhir, seperti yang sudah terjadi dengan Italia dan Brasil," ujar Schuster.

"Sepak bola Jerman sedang mencoba untuk mendaki ke puncak. Hasil pada leg pertama (Liga Champions) sangat mengejutkan, tapi Anda harus percaya hasil itu masih dapat berubah dalam babak tersebut," tegasnya kemudian.

Madrid akan memulai perjuangannya membalas kekalahan di leg pertama dari Dortmund, Selasa (29/4/2013). Sementara itu, esok harinya giliran Barcelona yang harus bekerja keras untuk melakukan comeback agar dapat lolos ke final.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com