Kompas.com - 01/05/2013, 01:28 WIB
EditorHery Prasetyo

LONDON, KOMPAS.com Ternyata, Roman Abramovich melakukan gerak cepat saat membeli Chelsea pada 2003. Bahkan, ia hanya butuh 10 menit untuk bertransaksi. Setelah itu, dalam enam pekan ia sudah menggelontorkan 160 juta euro (sekitar Rp 2 triliun).

Hal itu diungkapkan mantan Ketua Eksekutif Chelsea, Trevor Birch, kepada London Evening Standard. Ia mengatakan, "Abramovich tidak bisa berbahasa Inggris (ketika ia pertama bertemu dengannya). Ada seorang penerjemah. Saya tak terlalu yakin akan keseriusannya (membeli Chelsea). Saya sempat mencari informasi tentang dirinya di Google, tapi dirinya tak muncul di situs mana pun."

"Tak ada yang tahu sesuatu tentang dirinya. Tapi, ternyata kami hanya butuh 10 menit untuk menyelesaikan transaksi. Sebelumnya tak pernah terjadi hal seperti itu. Saya tak berpikir orang mengapresiasi seberapa jauh ia akan melakukan perubahan. Namun, ia kemudian mengeluarkan uang 160 juta euro dalam enam pekan. Ini perubahan terbesar dalam sepak bola Inggris yang pernah saya lihat," kata Birch.

Ia sempat mengajukan diri untuk menjadi penasihat Abramovich. Ia siap melakukan advokasi dalam investasinya, juga menawarkan harga tiket lebih murah. Tapi ide-idenya diabaikan oleh Abramovich dan ia pun segera meninggalkan Chelsea.

"Saya mengatakan (kepada Abramovich), 'Lihat, Anda hidup di setiap impian suporter. Kenapa tidak membiarkan mereka berbagi dalam impian dengan menurunkan harga tiket? Dengan demikian, pengumuman kehadiran Anda akan menjadi kejutan, dan suporter klub lain akan berharap mereka bisa memiliki pemilik klub seperti Anda'," ungkap Birch.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.