Permudah Komunikasi, Blanco Belajar Bahasa Indonesia

Kompas.com - 12/03/2013, 16:05 WIB
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Luis Manuel Blanco, mengaku tengah belajar bahasa Indonesia untuk mempermudah komunikasi dengan anak asuhnya.

Pelatih asal Argentina itu tidak ingin anak asuhnya sulit mencerna strategi dan taktik yang akan diterapkannya. Blanco sejauh ini hanya memakai bahasa Spanyol ketika menangani Diego Michiels dan kawan-kawan yang sudah bergabung di pemusatan latihan di Jakarta.

Untuk mengatasi masalah komunikasi dengan pemain, Blanco ditemani seorang penerjemah, Felisianus Fredy.

"Saya sedang mencoba belajar bahasa Indonesia. Saya belajar langsung dengan Fredy," ujar Blanco kepada wartawan di Jakarta, Senin (12/3/2013).

Blanco sendiri mengaku sudah menerapkan beberapa kata yang dikuasainya ketika tengah memimpin latihan timnas. Meski belum lancar berbahasa Indonesia, pelatih berusia 59 tahun itu berharap kendala bahasa tidak menjadi masalah utama bagi para pemainnya.

"Saya mencoba untuk mengatakan beberapa kalimat seperti lari, lihat, mundur, instruksi, keluar dan masuk kepada para pemain," ungkap Blanco.

Sebelumnya, sejumlah pemain timnas juga mengaku tidak terlalu memusingkan kendala bahasa tersebut. Meski menjadi lebih sulit, penggawa skuad Merah Putih tetap berusaha memahami instruksi pelatih dengan bantuan penerjemah.

"Terkadang, ketika mendengar satu kata, Anda mengerti, apalagi penerjemah berbicara dalam bahasa Inggris juga (selain bahasa Indonesia). Sepak bola adalah satu bahasa. Jadi, aku tidak mempermasalahkannya," ucap gelandang timnas, Tonni Cusell.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X