Dan Totti Pun Mencatat Sejarah

Kompas.com - 05/03/2013, 03:40 WIB
Editor

Francesco Totti (36) tentu bukan nama yang asing bagi para pencinta Serie A Liga Italia maupun percaturan sepak bola dunia. Sebab, nama Totti sudah sekian lama mengibarkan nama tim nasional Italia. Ia menjadi salah satu pemain penting saat tim ”Azzurri” menjadi juara dunia di Jerman 2006.

Gemerlap nama Totti yang dilahirkan di Roma tak hanya bisa terdengar di tim Azzurri, di mana ia menciptakan sembilan gol dari 58 penampilannya bersama tim nasional Italia itu.

Minggu (3/3), Totti mampu memasukkan namanya dalam catatan sejarah Serie A Liga Italia melalui klub AS Roma, yang sudah dia bela sepanjang 21 musim, mulai 1993. Dalam laga kandang di Stadion Olimpico, Roma, menjamu Genoa, Totti mampu menciptakan gol ke-225-nya sepanjang karier sepak bolanya bersama AS Roma.

Memang gol tersebut hanya mampu diciptakan Totti melalui tendangan penalti pada menit ke-16 ketika AS Roma menundukkan Genoa, 3-1 (1-1). Namun, kemampuannya mencetak gol sebanyak 225 selama 21 musim sudah merupakan sejarah tersendiri bagi AS Roma.

Hal itu mengingat sepanjang usia AS Roma yang didirikan pada 22 Juli 1927 atau 86 tahun lalu, baru Totti-lah yang mampu menyumbangkan gol terbanyak bagi AS Roma yang berjuluk ”I Lupi” atau ”Si Serigala” itu.

Dengan 225 gol tadi, Totti menyamai rekor pendahulunya, Gunnar Nordahl. Mantan ujung tombak AC Milan asal Hornefors, Swedia, yang lalu bergabung dengan AS Roma tahun 1956 hingga 1958 itu juga mencetak 225 gol di Serie A.

Totti berpeluang melampaui pencapaian Nordahl sebab ia kini toh masih bermain. Pertanyaannya kemudian, mampukah Totti menyamai atau melebihi rekor gol Silvio Piola?

Piola, pemain asal Robbio, Italia, memegang rekor gol terbanyak Serie A dengan 274 gol. Sekian banyaknya gol itu dilesakkan Piola sepanjang kariernya di Lazio, Torino, Juventus, dan Navaro.

Itu artinya Totti dan Nordahl tertinggal 49 gol dari Piola. Oleh karena itu, masih jadi pertanyaan, mampukah Totti yang 27 September nanti genap berusia 37 tahun menambah gol lagi dalam sisa musim Serie A 2012-2013 ini.

Tentu hanya Totti berikut sedikit pertolongan dari pelatihnya, Aurelio Andreazzoli, yang mampu menjawabnya.

Yang pasti saat Totti mampu mencetak gol ke-225-nya itu memberikan kesan tersendiri karena gol tersebut dia ciptakan di depan sekitar 36.000 pasang mata pendukungnya yang memadati Stadion Olimpico.

”Saya sangat menginginkan menciptakan gol itu, terutama di depan pendukung saya yang istimewa ini,” tutur Totti kepada Sky Italia.

”Ini tentu prestasi yang sangat menentukan diikuti tanda kecintaan saya untuk jersey AS Roma,” ucap Totti yang kemudian berjalan bersama kedua putranya untuk memberikan penghormatan kepada pendukung.(AFP/ESPN/NIC)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.