Kompas.com - 17/02/2013, 04:39 WIB
EditorDaniel Sasongko

ROMA, KOMPAS.com - Juventus takluk 0-1 dari AS Roma dalam lanjutan Serie-A di Stadion Olimpico, Sabtu atau Minggu (17/2/2013) dini hari WIB. Gol semata wayang kemenangan tuan rumah dicetak Francesco Totti pada menit ke-56.

Hasil ini membuat Roma naik ke peringkat tujuh klasemen Serie-A dengan poin 37. Adapun, Juventus masih bercokol di puncak dengan poin 55, selisih lima angka dari Napoli di peringkat dua yang baru akan memainkan laga melawan Sampdoria, Minggu malam ini.

Kedua tim bermain dengan tempo cepat sejak awal laga. Roma mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Pablo Daniel Osvaldo mendapatkan kesempatan pada menit ke-11. Namun, meski sudah melewati Buffon, peluang itu gagal karena tidak ada pemain di tengah kotak penalti Juventus yang menyambut umpan tariknya dari sisi kiri lapangan.

Meski sempat dalam tekanan, Juventus tak tinggal diam. Peluang terbaik tim tamu diperoleh Andrea Pirlo pada menit ke-19. Sayang, usaha mantan gelandang AC Milan tersebut masih belum membuahkan hasil karena bola tendangannya masih dapat ditepis kiper Roma, Maarten Stekelenburg.

Sepanjang babak ini, Roma dan Juventus lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah karena barisan pertahanan lawan masing-masing tampil cukup disiplin. Begitu juga dengan penampilan dua kiper masing-masing tim yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang mengamankan gawangnya.

Selepas turun minum, kedua tim masih saling jual beli serangan. Pada menit ke-57, Gianluigi Buffon kembali harus dipaksa bekerja keras saat menahan upaya Pjanic yang berusaha mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Osvaldo.

Satu menit berselang, Totti akhirnya mampu membuat pendukung tuan rumah bersorak setelah membuka keunggulan Roma 1-0. Gol tersebut ditorehkannya dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang menerjang jala gawang Juventus tanpa mampu ditepis Buffon.

Tertinggal, pelatih Juventus, Antonio Conte, memasukan striker veteran Nicolas Anelka menggantikan Arturo Vidal pada menit ke-71 untuk menambah daya gedor skuadnya. Meski sempat memperoleh beberapa peluang, Paul Pogba dan kawan-kawan terlihat terburu-buru sehingga kesempatan itu gagal dikonversi menjadi gol.

Sementara, Roma beberapa kali masih sempat mengancam gawang Buffon dengan serangan balik yang dikreasi Totti, Daniele De Rossi dan Osvaldo lewat serangan balik cepat. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang skor 1-0 untuk Roma tidak berubah. Itu adalah kemenangan pertama pada 2013 dan mengakhiri paceklik poin penuh dalam tujuh laga kandang Il Lupo.

Susunan Pemain
Roma:
24-Maarten Stekelenburg, 3-Marquinhos (42-Federico Balzaretti 83), 7-Marco Antonio de Mattos Filho, 35-Vasilis Torosidis, 8-Erik Lamela, 15-Miralem Pjanic (4-Michael Bradley 68), 16-Daniele De Rossi, 23-Ivan Piris, 29-Nicolas Burdisso, 9-Pablo Daniel Osvaldo, 10-Francesco Totti (48-Alessandro Florenzi 88)
Pelatih: Zdenek Zeman

Juventus: 1-Gianluigi Buffon, 4-Martin Caceres, 22-Kwadwo Asamoah (20-Simone Padoin 56), 26-Stephan Lichtsteiner, 6-Paul Pogba, 9-Mirko Vucinic (12-Sebastian Giovinco 56), 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 23-Arturo Vidal (18-Nicolas Anelka 71), 21-Andrea Pirlo, 32-Alessandro Matri
Pelatih: Antonio Conte

Wasit: Gianluca Rocchi

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.