Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain PSG Selamatkan Italia dari Kekalahan

Kompas.com - 07/02/2013, 04:28 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Gelandang Paris Saint-Germain, Marco Verratti, menyelamatkan Italia dari kekalahan saat berhadapan dengan Belanda pada pertandingan persahabatan di Stadion Amsterdam Arena, Rabu atau Kamis (7/2/2013) dini hari WIB. Pemain Paris Saint-Germain itu berhasil menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir, setelah sebelumnya sempat tertinggal lebih dulu.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Belanda tampil menekan lebih dulu. Penyerang Robin van Persie membuka peluang pertama Belanda pada menit ke-18. Sayang, bola tendangan keras bomber Manchester United itu masih dapat diantisipasi Gianluigi Buffon.

Memasuki pertengahan babak pertama, Belanda terus menekan Italia yang lebih banyak berkonsentrasi di lini pertahanan. Pada menit ke-26, lagi-lagi Buffon melakukan penyelamatan gemilang saat dua kali mengantisipasi upaya Adam Maher dan Kevin Strootman yang mencoba membobol gawangnya.

Belanda akhirnya memecah kebuntuan melalui Lens pada menit ke-33. Gol tersebut dilesakkannya setelah mampu lebih dulu mengecoh Andrea Barzagli sebelum melepaskan tendangan keras yang masuk ke pojok kanan gawang Buffon untuk membuat skor 1-0 untuk timnya.

Tertinggal, Italia tinggal diam. Mengandalkan duet Mario Balotelli dan Stephan El Shaarawy di lini depan, skuad asuhan Cesare Prandelli itu hampir menyamakan kedudukan jika tendangan keras SuperMario tidak melayang tipis di atas mistar gawang Tim Krul pada menit ke-39.

Empat menit berselang, giliran Ignazio Abate yang memperoleh peluang. Tetapi, usahanya tersebut kembali gagal karena bola tendangannya masih dapat diblok oleh bek Belanda, Stefan de Vrij.

Selepas turun minum, Belanda masih tetap menguasai jalannya pertandingan. Sementara Pelatih Italia, Prandelli, bereksperimen untuk melakukan sejumlah pemain baru di babak ini, seperti Alberto Gilardino, Pablo Daniel Osvaldo, dan Alessandro Florenzi.

Di babak kedua ini, Belanda beberapa kali menciptakan peluang untuk menambah keunggulannya melalui Lens dan Dirk Kuyt. Beruntung, Buffon tampil cukup baik di pertandingan ini karena mampu menahan sejumlah serangan tim tuan rumah.

Sementara, meski mampu bangkit dengan perolehan penguasaan bola yang lebih baik, Italia tampak kesulitan untuk menembus pertahanan Belanda. Peluang terbaik di babak ini tim tamu diperoleh Gilardino pada menit ke-90. Beruntung, Krul mampu menepis upaya tersebut.

Italia terus menekan hingga menit-menit akhir pertandingan. Upaya mereka pun membuahkan hasil pada injury time berkat torehan Marco Verratti. Berawal dari kerja sama satu dengan Gilardino, gelandang berusia 20 tahun itu mampu menaklukkan Krul. Skor 1-1 itu pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Belanda
: 1-Tim Krul, 2-Darryl Janmaat (18-Ricardo Van Rhijn 86), 3-Stefan de Vrij, 5-Daley Blind, 8-Kevin Strootman, 4-Bruno Martins Indi, 6-Jordy Clasie (15-Jonathan De Guzman 45), 10-Adam Maher, 7-Jeremain Lens, 9-Robin Van Persie (14-Arjen Robben 45), 11-Ola John (16-Dirk Kuyt 60)
Pelatih: Louis van Gaal

Italia: 1-Gianluigi Buffon, 7-Ignazio Abate, 15-Andrea Barzagli (6-Andrea Ronocchia 74), 20-Davide Santon, 21-Andrea Pirlo (4-Alessandro Florenzi 45), 13-Davide Astori, 16-Daniele De Rossi (2-Marco Verratti 61), 18-Riccardo Montolivo, 8-Antonio Candreva (22-Alessandro Diamanti 45), 9-Mario Balotelli (10-Pablo Daniel Osvaldo 61), 14-Stephan El Shaarawy (11-Alberto Gilardino 71)
Pelatih: Cesare Prandelli

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com