Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mancini: Ini Tak Cukup untuk Lawan Madrid

Kompas.com - 19/11/2012, 21:02 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com - Pelatih Manchester City, Roberto Mancini, mengaku puas dengan performa pasukannya saat menundukkan Aston Villa 5-0, pada laga Premier League, di Etihad, Sabtu (17/11/2012). Namun, menurutnya, mereka harus tampil jauh lebih baik saat menghadapi Real Madrid, pada matchday kelima Grup D Liga Champions, di Etihad, Rabu (21/11/2012).

Kemenangan atas Villa membuat City menguasai klasemen Premier League dengan nilai 28, atau unggul satu angka dari pesaing terdekat, Manchester United. Namun, di Liga Champions, City terancam gagal masuk fase gugur.

Setelah melewati empat laga fase grup Liga Champions, City duduk di dasar klasemen dengan nilai dua. Mereka kalah lima angka dari Madrid di tempat kedua dan enam angka dari Borussia Dortmund. Tempat ketiga dihuni Ajax dengan nilai empat.

Dengan begitu, untuk masuk babak selanjutnya, City harus menang atas Madrid.  Mengingat pada pertemuan pertama di Madrid, Selasa (18/11/2012), City kalah 2-3 setelah sempat dua kali memimpin (1-0, 2-1), Mancini menilai skuadnya harus solid, terutama dalam bertahan.

"Itu adalah performa dan hasil yang sangat baik, tetapi itu tak berarti untuk pertandingan melawan Real Madrid. Saya tak tahu apakah (performa dan kemenangan) itu cukup untuk melawan mereka. Mereka adalah salah satu tim terbaik di dunia dan untuk mengalahkan mereka, kami harus tampil sempurna," ujar Mancini.

"Kami hampir (menang) pada pertemuan terakhir, di Madrid, dan kami unggul 2-1 saat laga menyisakan empat menit. Namun, ini tak akan menjadi laga mudah. Ini pertandingan berbeda dan jika kami ingin mengalahkan mereka, kami harus bertahan dengan sangat baik. Mereka punya tiga atau empat pemain yang bisa menentukan hasil akhir dan kami harus bekerja keras sebagai tim."

"Akhirnya, kami telah membaik dalam hal pertahanan dalam empat atau lima laga terakhir dan itu penting. Hasil akhir berganting pada tim yang tampil beda dan memiliki 65 persen atau lebih kendali permainan. Itu membantu kami menjadi lebih solid," tuturnya.

Lebih jauh, Mancini mengaku yakin, ia memiliki pemain yang bisa membawa City menang atas Madrid kali ini.

"Jika Anda memiliki pemain yang telah memenangi Piala Dunia, seperti David Silva, atau yang sudah memenangi segalanya seperti Yaya Toure, Anda tahu bahwa Anda akan mengalami pertandingan seperti ini," ujar Mancini.

"Untuk mereka, bermain melawan Real Madrid adalah esensi sepak bola dan harus tampil sebaik mungkin. Ketika Anda muda dan baru memulai karier, Anda berpikir soal seberapa besar Anda akan senang bermain melawan Real Madrid atau Barcelona."

"Sergio Aguero juga begitu dan mungkin saja, tidak tampilnya Sergio Aguero pada laga di Santiago Bernabeu menjadi penting. Ia pasti ingin bermain dan menurut saya, ia bisa menciptakan masalah untuk Madrid. Namun, di atas segalanya, kami harus bermain sebagai tim."

"(Madrid) memiliki sejarah besar. Namun, saya yakin kami memiliki pemain yang bisa mengalahkan mereka. Ini mungkin terjadi," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com