Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Del Piero Kehilangan Pelatih

Kompas.com - 11/11/2012, 20:21 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Belum lama membela Sydney FC, Alessandro Del Piero sudah kehilangan pelatih. Pelatih klub itu, Ian Crook, Minggu (11/11/2012) pagi secara mengejutkan mengundurkan diri, setelah klubnya kalah di kandang sendiri 2-3 dalam pertandingan melawan salah satu musuh bebuyutan, Melbourne Victory, dalam lanjutan Liga Australia (A-League).

Kehadiran bintang Italia Alessandro Del Piero tampaknya belum membuat Sydney FC mencapai hasil mengesankan dalam musim kompetisi kali ini. Sydney FC sekarang berada di peringkat paling bawah klasemen sementara Liga Australia.

Kekalahan melawan Melbourne Victory hari Sabtu malam lebih menyakitkan lagi karena Sydney sebelumnya unggul 2-0 dan kebobolan tiga gol dalam lima belas menit terakhir pertandingan. Minggu sebelumnya, tanpa diperkuat Del Piero, Sydney FC dipermalukan oleh Central Coast Mariners, 2-7.

Asisten Pelatih Steve Corica sekarang akan menjadi pelatih sementara sebelum ada pelatih baru yang kemungkinan besar dicari dari luar negeri. Sudah ada yang menyebut-nyebut kemungkinan Del Piero menjadi pelatih sekaligus merangkap sebagai pemain.  Namun, menurut koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, hal tersebut tampaknya kecil kemungkinan terjadi karena Del Piero belum memiliki pengalaman ataupun sertifikasi untuk menjadi pelatih.

Dalam jumpa pers hari Minggu (11/11) sore, Ian Crook mengatakan dia mundur karena tertekan. Menjadi pelatih mulai memengaruhi kesehatannya dan dia menyadari bukan orang yang tepat untuk melatih klub sebesar Sydney FC.

Crook mengatakan dia sudah merasa tidak sehat dalam beberapa minggu terakhir karena tekanan sebagai pelatih dan juga perhatian yang besar dari media menyusul kedatangan Alessandro Del Piero.

"Tekanannya besar sekali jadi pelatih, dan saya kira, Anda harus memiliki kepribadian tertentu untuk bisa menghadapi semua ini. Saya tidak menyesal, namun saya merasa bukan orang yang tepat." kata Crook.

Setelah kekalahan melawan Melbourne Victory hari Sabtu malam, Ian Crook sempat terlibat adu mulut dengan seorang pendukung Sydney FC selama dua menit. Pendukung Sydney tersebut mengkritik Crook yang mengganti Del Piero di babak kedua. Ian Crook baru menangani Sydney untuk enam pertandingan musim ini setelah pelatih sebelumnya asal Ceko, Vitezslav Lavicka, diberhentikan musim lalu. Dalam enam pertandingan yang ditangani Crook, Sydney hanya menang dua kali, yaitu melawan Western Sydney Wanderers dan Perth Glory. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com