Kompas.com - 08/11/2012, 00:20 WIB
EditorHery Prasetyo

LONDON, KOMPAS.com - Sepak bola Inggris benar-benar ketat melawan setiap aksi rasisme. Bahkan, pelaku berumur 13 tahun pun bisa dihukum jika melakukan tindakan rasisme.

Klub dari Liga Championship, Milwall, mengukum suporternya yang baru berumur 13 tahun karena tindakan rasial. Dia tak dibolehkan menonton pertnadingan Milwall sampai batas yang ditentukan.

Suporter yang tak disebutkan namanya itu menghina pemain Bolton Wanderers, Marvin Sordell, secara rasial, bulan lalu. Selain menghukum, klub juga akan membantu sang bocah untuk mengikuti rehabilitasi guna mendidiknya soal etika dan kesadaran bahwa semua manusia sama dan sederajat.

"Setelah menyelesaikan investigasi kami atas insiden itu, kami sudah mengidentifikasi pelakunya dan mewawancarai remaja 13 tahun itu. Ia mengakui mengeluarkan kata-kata rasial kepada Marvin Sordell," demikian pernyataan Milwall.

"Dia sudah dihukum dari pertandingan Milwall sampai batas yang ditentukan. Tapi, melihat usia dan latar belakangnya, klub juga merasa memiliki kewajiban untuk mengedukasi dan merehabilitasinya," lanjut pernyataan itu.

Menurut Milwall, remaja itu sudah menulis permintaan maaf. Milwall akan menawarkannya sebuah program edukasi tentang kesamaan, rasisme, dan hidup secara umum.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.