Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Manchester Nyaris Bersatu

Kompas.com - 12/10/2012, 23:44 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com — Sejarawan Inggris, Gary James, mengungkapkan fakta menarik tentang Manchester United dan Manchester City. Menurutnya, pada pertengahan tahun 1960-an, kedua klub kota Manchester itu nyaris saja bergabung menjadi satu.

Ide tersebut kali pertama muncul dari petinggi City saat itu, Frank Johnson, yang mengatakan bahwa kedua klub siap merger. Kebetulan, pada masa itu, City dan MU masih menjalin hubungan baik di dalam dan luar lapangan.

"The Citizens" bahkan sempat meminjamkan Stadion Maine Road untuk tetangganya itu. Pasalnya, Stadion Old Trafford tak bisa digunakan lantaran hancur akibat Perang Dunia II.

"Saya pernah berbicara dengan Eric Alexander, anak dari Albert Alexander Jr, pemimpin City pada 1964. Eric mengatakan, Frank Johnson memiliki ide yang cukup gila," ungkap James seperti dilansir Daily Mail.

"Selain ide menggabung City dan MU, dia juga ingin kompetisi di Inggris dibagi dua wilayah, utara dan selatan. Tetapi, pada akhirnya semua ide tersebut mentah sebelum publik mengetahuinya," tambah James.

Sulit membayangkan bagaimana jika ide menggabungkan MU dan City terwujud. Kalaupun sukses, apa kira-kira nama yang akan dipakai kedua klub? Manchester United City atau Manchester City United?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com