Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditahan Stoke, Puasa Kemenangan "The Reds" Berlanjut

Kompas.com - 07/10/2012, 23:05 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Liverpool hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan tamunya, Stoke City di Stadion Anfield, Minggu (7/10/2012). Hasil mengecewakan bagi para Liverpudlian yang mengharapkan kemenangan, setelah lima laga kandang sebelumnya tak pernah menang di semua ajang.

Stoke malah lebih dulu menyerang lewat eks gelandang Liverpool, Charlie Adam, lima menit setelah kick-off. Namun, sepakannya hasil suplai umpan Jonathan Walters, masih dapat dimentahkan barisan belakang "The Reds".

Laga berjalan dalam tempo sedang. Dan, pada menit ke-20, Pepe Reina nyaris melakukan blunder. Umpannya datarnya dapat dicegat Michael Knightly. Namun, kiper Spanyol itu berhasil mengamankan gawangnya, dengan mengetip bola yang dilambungkan Knightly.

Stoke sepertinya memang mengejar gol di paruh pertama. Statistik membuktikan, lima dari enam gol "The Potters" musim ini diciptakan pada babak pertama.

Dalam delapan musim Premier League, hanya sebelas gol tercipta sepanjang sejarah pertemuan Liverpool dan Stoke.

Pada menit ke-27, kapten Steven Gerrard coba berspekulasi dengan tembakan dari jarak 25 meter. Bola tepat ke sasaran namun masih dapat dimentahkan Asmir Begovic.

Hingga setengah jam berjalan, "Merseyside Merah" mendominasi pertandingan sebanyak 53 persen. Sayangnya, tak ada kesempatan emas yang dapat dikreasi menjadi gol oleh kedua tim.

Pada menit ke-33, Gerrard sukses mencegat umpan Marc Wilson. Bola yang dioper kepada Luis Suarez, membuat striker Uruguay itu bebas dan tinggal berhadapan dengan Begovic. Namun, Stephen Hunt melanggarnya. Sebelumnya, Hunt sudah mendapat kartu kuning dan dengan pelanggaran itu ia bakal keluar lapangan dengan kartu merah. Nyatanya, tidak.

Selepas turun minum, "Si Merah" mulai menajamkan serangan. Empat menit setelah kick-off fase kedua, Gerrard menyerbu ke kotak penalti Stoke dan bermain satu-dua dengan Suarez. Namun, umpan balik skipper Liverpool itu digagalkan tekel Ryan Shawcross.

Pada menit ke-52, Gerrard kembali mengirimkan umpan yang membebaskan Glen Johnson dari kawalan bek-bek lawan. Sayangnya, eksekusi pemain timnas Inggris itu masih melambung di atas mistar Begovic.

Tujuh menit berselang, Suarez melakukan solo-run dari tengah lapangan. Ia tinggal mengeslot bola di depan gawang Begovic. Dan... tembakan jarak dekat setengah emosional striker Uruguay itu malah melampaui jala "The Potters".

Jelang 20 menit terakhir, giliran Raheem Sterling mendapatkan peluang. Tembakan mendatarnya sudah mengelabui Begovic, namun Stoke masih selamat dari kebobolan. Bola mengenai tiang kanan gawang.

Dua menit kemudian, Suarez yang meliuk-liuk di kotak penalti lawan, terjatuh. Namun, wasit menganggapnya sebagai diving. Dari tayangan ulang televisi, dua bek Stoke yang menjaganya memang sama sekali tak melakukan kontak dengan Suarez.

Semenit jelang waktu normal usai, Gerrard mengirimkan tendangan bebas ke kotak penalti Stoke. Martin Skrtel dan Shawcross berduel dengan bola liar yang dibuang bek Stoke sempat menyisir muka gawang. Suarez yang berdiri bebas hanya terpana dan tak mengira bola melewatinya.

Sampai peluit panjang berbunyi, Liverpool dan Stoke harus puas berbagi angka tanpa gol. Praktis, "The Reds" pun gagal mempersembahkan kemenangan dalam enam laga terakhir di Anfield.

Hasil imbang di pekan ketujuh Premier League itu gagal melesatkan posisi "Merseyside Merah" yang masih berkubang di anak tangga ke-14 dengan enam angka. Liverpool hanya unggul tiga poin dari Reading, penguasa papan ke-18 alias peringkat terakhir zona degradasi. Namun, Reading baru bermain enam pertandingan.

Susunan Pemain:
Liverpool (4-3-3):
25-Pepe Reina; 2-Glen Johnson, 5-Daniel Agger, 37-Martin Skrtel, 47-Andre Wisdom; 4-Nuri Sahin (11-Oussama Assaidi 79), 8-Steven Gerrard, 24-Joe Allen; 7-Luis Suarez, 30-Suso (10-Joe Cole 67), 31-Raheem Sterling
Pelatih: Brendan Rodgers

Stoke (4-5-1): 1-Asmir Begovic; 2-Geoff Cameron, 4-Robert Huth, 12-Marc Wilson, 17-Ryan Shawcross; 6-Glenn Whelan (18-Dean Whitehead 21), 15-Steven Nzonzi, 16-Charlie Adam (13-Maurice Edu 80), 19-Jonathan Walters, 21-Michael Kightly (26-Matthew Etherington 64); 25-Peter Crouch
Pelatih: Tony Pulis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com