Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulitnya Menantang Sejarah

Kompas.com - 02/09/2012, 06:55 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Manchester United (MU) berpeluang besar memperbaiki peringkatnya di klasemen sementara Premier League saat bertandang ke St Mary's Stadium, kandang Southampton. Maklum saja, di atas kertas, "Setan Merah" memang jauh lebih unggul ketimbang tim promosi tersebut.

Saat ini, MU bercokol di peringkat kesembilan dengan tiga poin atau selisih enam angka dari Chelsea di puncak. Sementara, Southampton berada di peringkat ke-18 dan tanpa poin dari dua laga yang telah dilakoni.

Berdasarkan rekor pertemuan kedua tim di lima pertandingan terakhir juga menjadi seluruhnya menjadi milik MU. Wajar, jika tiga poin bukan hal mustahil bagi Antonio Valencia dan kawan-kawan dalam laga yang akan disiarkan langsung MNCTV, Minggu (2/9/2012), pukul 21.30 WIB.

Belum lagi, dengan ketajaman dua rekrutan baru, yakni Shinji Kagawa dan Robin van Persie, yang sudah menunjukan tajinya saat masing-masing menorehkan namanya di daftar pencetak gol kala mengalahkan Fulham 3-2, Sabtu (25/8/2012). Kedua pemain itu diperkirakan akan kembali menjadi pemain kunci dalam laga nanti.

Satu-satunya kendala skuad asuhan Sir Alex Ferguson dalam laga ini adalah krisis pemain belakang yang diterpa badai cedera. Michael Carrick, yang dalam dua laga terakhir "terpaksa" diplot sebagai bek tengah, belum terlalu klop dengan Nemanja Vidic di jantung pertahanan.

Lihat saja, dari dua laga terakhir, gawang David De Gea sudah kemasukan  tiga gol. Rapuhnya lini belakang MU ini dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi Southampton. Apalagi, tim asuhan Nigel Adkins itu tentunya tidak ingin memberikan laga ini secara cuma-cuma bagi MU untuk keluar dari zona merah degradasi. Itu modal "Soton" untuk menulis ulang sejarah kelam sepanjang pertemuannya dengan MU, meski itu sepertinya sulit dilakukan.

Perkiraan Susunan Pemain
Southampton (4-5-1): Davis; Fox, Clyne, Fonte; Hooiveld, Rodriguez, Lallana, Schneiderlin, Ward-Prowse, Puncheon; Sharp
Pelatih: Adkins

MU (4-2-3-1): De Gea; Rafael, Vidic, Carrick, Evra; Scholes, Cleverley; Valencia, Kagawa, Nani; Van Persie
Pelatih: Ferguson

Kemungkinan Absen
Southampton: De Ridder, Cork (cedera)
MU: Rooney, Smalling, Ferdinand, Jones, Young, Evans, Darren Fletcher (cedera)

Lima Duel Terakhir
29/1/2011 - Southampton 1-2 MU (FA)
4/1/2009 - Southampton 0-3 MU (FA)
15/5/2005 - Southampton 1-2 MU (EPL)
12/3/2005 - Southampton 0-4 MU (FA)
4/12/2004 - MU 3-0 Southampton (EPL)

Performa Lima Laga Terakhir

Southampton: M-S-K-K-K
Man. United: M-S-K-M-K

Prediksi
Bwin: 6,00 - 4,00 - 1,53
William Hill: 5,10 - 11,4 - 6,10
Kompas Bola: 45-55

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com