Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oscar: Aku Pantas Pakai Nomor 10 Brasil

Kompas.com - 11/08/2012, 00:32 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Nomor punggung 10 identik dengan pemain-pemain hebat. Alasan itulah yang membuat gelandang serang Brasil, Oscar, ingin terus mengenakannya.

Oscar sukses membantu Brasil U-23 lolos ke final Olimpiade London 2012. Sepanjang perjalanan "Selecao" di olimpiade, Oscar selalu menjadi pilihan utama Pelatih Mano Menezes.

Pemain yang juga berposisi sama dengannya, Paulo "Ganso" Henrique, tersingkir oleh permainan apik rekrutan baru Chelsea itu. "Aku tahu bisa membantu tim lebih banyak," ujar Oscar kepada FIFA.com.

Menezes memang begitu memercayai Oscar menggalang lini tengah tim "Samba". Eks pemain Internacional de Porto Alegre itu bahkan sudah diberi kesempatan tampil enam kali bersama tim senior Brasil. Kepercayaan dirinya membubung. Merasa pantas mengenakan seragam "Selecao", Oscar yakin dirinya bisa menjadi bagian penting tim juara dunia lima kali itu.

"Aku bermain dalam level tinggi pada beberapa uji coba. Aku juga telah membuktikan kemampuanku di London 2012. Aku menunjukkan keahlian menjadi pemilik nomor 10 Brasil," lanjut pemain 20 tahun itu.

Salah satu kelebihan lain Oscar adalah kolektivitas permainan. Sebagai seorang gelandang serang, Oscar berpeluang mencetak banyak gol. Namun, ia ternyata lebih senang "melayani" rekan-rekannya.

"Aku tak seperti pemain lain. Aku selalu senang bisa memberikan umpan. Itu sudah terjadi sejak kecil. Saat aku bisa membuat umpan yang bagus, aku pasti senang karena tahu seberapa besar peranku untuk tim. Mencetak gol memang bagus, tetapi membuat assist jauh lebih menyenangkan," pungkas pencetak empat assist di Olimpiade 2012 itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com