Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan Susunan Pemain Sama, Spanyol Jawab Tantangan Portugal

Kompas.com - 26/06/2012, 01:45 WIB

DONETSK, KOMPAS.com - Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque tidak melihat kelelahan para pemainnya sebagai halangan untuk menampilkan performa terbaik saat melawan Portugal di semifinal Piala Eropa 2012, Rabu (27/6/2012). Baginya, tidak bermasalah jika harus menurunkan susunan pemain yang sama dengan sebelumnya.

"Kami sudah terbiasa bermain dalam selang waktu yang pendek antara Rabu dan Minggu. Hal itu tentu akan jadi kartu as kami untuk memulihkan kondisi fisik," ujar pelatih berusia 61 tahun ini kepada Marca.

"Setelah kemenangan (atas Perancis), kami hanya ingin beristirahat, memulihkan tenaga, dan menjaga kondisi. Saya pun akan memainkan 11 pemain yang sama dan saya percaya mereka masih mampu bermain dengan baik," lanjutnya.

Bagi Del Bosque, permainan Spanyol yang sangat dominan atas Perancis di perempati final Euro, Sabtu (23/6/2012), memiliki satu makna.

"Bagi saya, segala kritik soal tim adalah sebuah kebodohan dan saya enggan memikirkannya. Sejauh ini, saya bangga menjadi salah satu dari empat tim terbaik Eropa," ujar mantan pelatih Real Madrid dan Besiktas itu.

Del Bosque juga yakin Portugal tidak akan mengubah starting eleven saat pertandingan nanti. "Seleccao", menurutnya, tetap akan menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai target-man mereka. Itu sebabnya Del Bosque percaya pasukannya bakal mampu mengulang kemenangan atas Ronaldo dan kawan-kawan seperti pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

"Portugal akan tetap menggunakan pola sama seperti pada perempat final. Mereka sudah telanjur padu dengan memainkan pemain yang sama dalam banyak pertandingan. Kami akan lebih waspada menjaga lini pertahanan dan tidak akan mengawal pemain mereka satu per satu. Kami akan bertahan lebih dulu dan taktik itu sebelumnya berhasil membuat Ronaldo kebingungan dan gagal menunjukkan permainan terbaiknya," tandas Del Bosque.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com