Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Matador" Mentok di Tangan "Ayam Jantan"

Kompas.com - 23/06/2012, 23:57 WIB

DONETSK, KOMPAS.com - Spanyol boleh jadi juara bertahan Euro 2008. Tim "Matador" boleh berpredikat Kampiun Dunia 2010. Namun, sejarah membuktikan "La Furia Roja" mentok di hadapan tim "Ayam Jantan" Perancis.

* Perancis belum pernah dikalahkan Spanyol di ajang kompetitif sejak perjumpaan di Kualifikasi Euro 1992. Rekor "Les Bleus" atas "La Seleccion": lima kemenangan plus sekali imbang.

* Di putaran final, Perancis belum pernah kalah dari Spanyol. Di final Euro 1984, Perancis menyikat Spanyol 2-0, kemudian imbang 1-1 di penyisihan grup Euro 1996, lalu menang 2-1 di perempat final Euro 2000, dan terakhir menang 3-1 di 16 Besar Piala Dunia 2006.

* Spanyol gagal lolos dalam dua dari tiga perempat final Euro. Artinya, "La Furia Roja" bukan tim reguler di 8 Besar.

* Spanyol hanya kalah 2 kali dalam 48 partai kompetitif. Rekornya: 43 kemenangan plus 3 kali imbang. Dua kekalahan diderita dari Amerika Serikat 0-2 (semifinal Piala Konfederasi 2009) dan Swiss 0-1 (penyisihan grup Piala Dunia 2010).

* Pada Euro 2000 Laurent Blanc memenangi trofi kampiun sebagai pemain "Les Bleus". Ia akan menjadi orang kedua setelah Berti Vogts yang mampu memenangi Piala Eropa sebagai pemain dan pelatih, jika sanggup mengangkat trofi Euro di Ukraina dan Polandia.

* Karim Benzema akan menjadi pemain ketiga dalam sejarah Euro yang mampu mencetak gol ke gawang kiper rekan klubnya sendiri di Real Madrid, Iker Casillas. Yang pertama dicatatkan Paul Gascoigne (Inggris) atas kiper Skotlandia Andy Graham pada Euro 1996. Saat itu, keduanya tampil untuk Glasgow Rangers. Kemudian, rekor itu dijejaki Samir Nasri (Perancis) kala mencetak gol ke gawang Joe Hart (Inggris) di laga awal Euro 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com