Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amunisi Belanda: Dua Top Skorer Dua Liga

Kompas.com - 06/06/2012, 04:11 WIB

KHARKIV, KOMPAS.com - Dengan totaal voetbal ala Rinus Michels, Belanda sukses meraih trofi Piala Eropa-nya pada 1988. Dulu Michels mengandalkan trio magis, kini Bert van Marwijk menjagokan dua top skorer liga top Eropa.

Stadion Metalist, Kharkiv, Ukraina akan jadi saksi ramuan Van Marwijk pada Sabtu (9/6/2012). Keampuhan racikan sang pelatih "De Oranje" coba ditebar saat melawan "Tim Dinamit" Denmark. Patut ditunggu.

Serba-serbi Belanda
* Lolos ke putaran final Euro 2012: Juara Grup E di babak kualifikasi

* Pelatih: Bert van Marwijk (Belanda)

* Pemain kunci: Arjen Robben, Wesley Sneider, Robin van Persie

* Belanda tak pernah tereliminasi dari babak penyisihan grup turnamen besar dalam 32 tahun terakhir sejak kalah 2-3 dari Jerman Barat di Euro 1980.

* Partai pembuka 9 Juni nanti akan menjadi laga Van Marwijk ke-50 dan ia bakal jadi pelatih kelima "De Oranje" yang mampu mencatatkan laga sebanyak itu.

* Skuad Belanda saat ini berisi dua top skorer dari dua liga top Eropa: Van Persie (top skorer Premier League 2012 dengan 30 gol bersama Arsenal) dan Klaas Jan Huntelaar (top skorer Bundesliga 2012 dengan 29 gol bersama Schalke 04).

* Huntelaar rerata mencetak satu gol dalam 67 menit partai internasional, sementara Van Persie satu gol setiap 281 menit.

* Jetro Willems adalah pemain termuda Euro 2012. Saat pembukaan Euro 2012 pada 8 Juni nanti, ia akan berusia 18 tahun 17 hari.

* Belanda meraup 55 gol dalam putaran final Piala Eropa, menyamai rekor Jerman/Jerman Barat.

* Lawan pembuka Belanda di Euro 2012 sama dengan Piala Dunia 2010: Denmark. Saat itu, tim "Negeri Kincir Angin" menang dua gol tanpa balas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com