Rosicky, si "Mozart Kecil"

Kompas.com - 06/06/2012, 02:26 WIB
Editor

Bagi tim nasional Ceko, keberadaan Tomas Rosicky bagaikan seorang dirigen bagi sebuah orkestra. Gelandang serang itu yang selalu mengatur aliran bola, pola serangan, sampai variasi tusukan ke gawang yang dapat menghasilkan gol.

Rosicky juga mampu menyajikan umpan-umpan matang dan mengeksekusi bola-bola mati dengan akurat. Pemain yang dijuluki ”Mozart kecil” ini juga mampu mencetak gol pada saat-saat genting.

Sejak tahun 2000, pemain berusia 31 tahun ini selalu berperan dalam mengatur permainan klubnya dan tim nasional Ceko. Milan Baros yang menjadi ujung tombak tim Ceko menikmati layanan umpan-umpan matang Rosicky sehingga mampu menghasilkan 40 gol bagi kesebelasan nasional negaranya. Rosicky sendiri sudah mencetak 20 gol dari 85 kali penampilannya bersama tim Ceko.

Karier profesional Rosicky dimulai pada tahun 1998-2001 di Sparta Praha. Penampilannya yang cemerlang dalam menggiring bola, melepaskan umpan, dan mencetak gol membuat timnya menjadi juara.

Permainan yang agresif dan kreatif itu pula yang menarik minat Borussia Dortmund untuk mengontraknya dengan nilai 14,5 juta euro (sekitar Rp 168 miliar). Permainan Rosicky semakin menawan di Jerman sejak 2001 sampai 2006. Di Dortmund inilah Rosicky mendapat julukan ”Little Mozart” karena kepiawaiannya mengatur permainan tim.

Pada Piala Eropa 2004, Rosicky juga bermain cantik untuk mengatur tempo timnya dan membawa Ceko menembus semifinal. Berkat umpan-umpan Rosicky, Milan Baros merebut sepatu emas dengan mencetak lima gol.

Karier yang cemerlang itu menarik minat Arsenal untuk merekrutnya guna menghadapi kerasnya Liga Inggris. Rosicky menjawab kepercayaan itu dengan permainan cantik untuk melayani para penyerang Arsenal.

Cedera

Namun, permainan cepat dan keras ala Liga Inggris berbuah petakan bagi Rosicky. Pemain kelahiran Praha, 4 Oktober 1980, itu mengalami cedera otot tendon lutut pada Januari 2008. Cedera itu membuatnya absen total dari Arsenal pada musim 2008-2009, tetapi Pelatih Arsene Wenger tetap mempertahankannya di Arsenal.

Rosicky juga absen dari timnas Ceko pada Piala Eropa 2008. Tanpa sang dirigen, orkestra permainan Ceko sangat tidak teratur sehingga tersisih di penyisihan grup.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.