Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anelka, Pemain Sekaligus Pelatih Baru Shanghai Shenhua

Kompas.com - 13/04/2012, 11:33 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Mantan pemain Chelsea, Nicolas Anelka, diangkat menjadi pelatih baru klub barunya, Shanghai Shenhua. Namun demikian, Anelka tidak meninggalkan statusnya sebagai pemain klub asal Cina tersebut.

BBC menyebutkan, pemain berusia 33 tahun itu menggantikan pelatih sebelumnya, Jean Tigana, menyusul sejumlah hasil buruk yang diperoleh tim dalam beberapa pekan terakhir. Dari lima pertandingan terakhir, mereka hanya menang dua kali.

"Saya telah resmi menjadi pemain sekaligus manajer baru di Shanghai Shenhua," demikian ditulisnya dalam di akun twitternya.

Anelka telah hadir dalam sesi latihan pertama untuk mengawasi para pemain, Kamis lalu. Dia membawa tiga anggota tim pelatihnya, seperti asisten Baptiste Gentili dan mantan kiper Tottenham Ian Walker yang pernah bermain bersamanya di Bolton.

Anelka beruntung karena dia baru saja menandatangani kontrak dua tahun sebagai pemain Shanghai Shenhua, Desember lalu. Diperkirakan, mantan pemain timnas Perancis itu akan menangani tim hingga akhir musim. Anelka akan menjalani debutnya sebagai double agent pada laga kandang melawan Tianjin Teda, Jumat (13/4/2012).

Di klub barunya ini, Anelka telah berhasil melesakkan dua gol dalam empat laga yang sudah dimainkannya. Salah satu golnya dicetak saat debut pertama melawan musuh bebuyutan klub, Beijing Guoan, 16 Maret lalu, meski dalam laga tersebut, Shanghai harus menelan kekalahan dengan skor 2-3.

Direktur Eksekutif klub, Zhu Jun, berharap status Anelka yang baru ini menjadi daya tarik tersendiri bagi tim untuk menarik nama-nama pemain besar untuk datang ke China. Klub sudah menandatangani kontrak dengan penyerang asal Brasil, Cleo dan Muriqui, dan kini disebut-sebut sedang dalam upaya mendatangkan striker Chelsea, Didier Drogba yang kontraknya dengan "The Blues" berakhir musim panas mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com