Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemulangan Bonek Berlangsung Hingga Minggu Dinihari

Kompas.com - 11/03/2012, 10:24 WIB
Adi Sucipto

Penulis

BOJONEGORO, KOMPAS.com -  Pemulangan ribuan suporter Persebaya, Bonek dari Bojonegoro berlangsung Sabtu malam hingga Minggui (11/3/2012) dinihari. Aparat keamanan TNI, polisi termasuk pasukan Brimob bahkan ada yang kembali ke markas pukul 05.15.

Sekitar 20-an Bonek yang tercecer di Pasar Ngumpakdalem Kecamatan Dander pukul 06.30 terlihat menggerombol. Ribuan Bonek dipulangkan secara bergelombang. Panitia pelaksana pertandingan Persibo versus Persebaya menyiapkan 20 kendaraan untuk mengangkut Bonek lewat jalur Bojonegoro-Nganjuk.

Ribuan Bonek yang menunggu giliran pemulangan digiring masuk ke Stadion Letjend H Soedirman. Mereka menunggu kendaraan yang disediakan Pemkot Surabaya. Oknum Bonek sempat membuat ulah di Bojonegoro dan membuat warga sekitar marah karena ada yang meminta uang ke warga.

Sekelompok orang beratribut Bonek menjarah Toko Peralatan Olahraga Mario di Jalan Pemuda pasca pertandingan Persibo kontra Persebaya dengan hasil 1-0. Sebelumnya Bonek juga menjarah kios Siti Maemunah di Jalan Monginsidi, membobol kantin SD Campurrejo 2, serta mengambil makanan dan minuman pemilik warung atau kios di Jalan Gajahmada, Pemuda, Lettu Suwolo, Lettu Suyitno, Lisman, Veteran, hingga Teuku Umar. Ulah yang meresahkan itu, membuat warga geram.

Warga siaga dengan menyiapkan pentungan untuk menghalau Bonek. Warga juga memeriksa setiap kendaraan atau orang-orang yang dicurigai Bonek. Untuk menghindari bentrokan fisik aparat menggiring Bonek masuk ke stadion. Toko atau pusat perbelanjaan dijaga aparat dan warga. Aliran listrik yang padam membuat suasana tegang dan mencekam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com