Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chelsea Tumbang di The Hawthorns

Kompas.com - 04/03/2012, 00:19 WIB

WEST BROMWICH, KOMPAS.com - Chelsea menyerah 0-1 kepada West Bromwich Albion (WBA) pada pertandingan Premier League, di The Hawthorns, Sabtu (3/3/2012). Dengan hasil tersebut, Chelsea tertahan di peringkat kelima dengan 46, atau kalah tiga angka dari Arsenal di zona kualifikasi Liga Champions.

Gol tuan rumah diciptakan bek Gareth McAuley pada menit ke-82. Dari jarak dekat, ia melepaskan tendangan kaki kiri yang membuat bola kiriman Liam Ridgewell masuk sudut kanan atas gawang Petr Cech.

Chelsea sejak awal mendapatkan perlawanan keras dari WBA. Pada sepuluh menit pertama, misalnya, tuan rumah nyaris tak terancam dan menciptakan sejumlah peluang melalui Jonas Olsson dan James Morrison pada menit ketujuh dan kedelapan. Usaha Olsson diblok Drogba, sementara tembakan Morrison dikandaskan Petr Cech.

Chelsea membalas itu dengan tembakan dari Juan Mata dan Michael Essien pada menit ke-12 dan ke-14. Sementara usaha Mata dikandaskan Ben Foster, tembakan Essien diblok Gareth McAuley.

Setelahnya, Chelsea bisa mengimbangi agresivitas lawan, tetapi masih kesulitan meningkatkan kualitas serangan. Meski tidak kebobolan, usaha mereka tak kunjung membuahkan gol sampai turun minum.

Pada menit ke-40, misalnya, Chelsea mendapat dua peluang dari Essien dan Daniel Sturridge. Usaha Essien bisa diantisipasi Foster dan tembakan Sturridge meleset ke sisi kiri gawang tuan rumah.

Masalah Chelsea berlanjut di babak kedua. Di sisi lain, WBA mampu memperbaiki koordinasi permainan. Hasilnya, selain beberapa kali mendapat tekanan, Chelsea juga kesulitan melancarkan serangan sampai tuntas akibat kesalahan sendiri.

Pada menit ke-59, misalnya, Marc-Antoine Fortune lepas dari pengawalan Ashley Cole, sehingga Fortune bisa melepaskan tembakan. Beruntung bagi Chelsea, Cech masih bisa melakukan antisipasi.

Enam menit kemudian, Didier Drogba menggiring bola melewati Jonas Olsson, tetapi memilih melepaskan umpan kepada Mata ketimbang menembakkannya. Ridgewell berhasil memotong alur umpan.

Menurut catatan Premier League, selama pertandingan, Chelsea melepaskan lima tembakan akurat dari sebelas usaha. Adapun tuan rumah menciptakan lima peluang emas dari sepuluh percobaan.

Susunan pemain
WBA:
Ben Foster; Jonas Olsson, Gareth McAuley, Liam Ridgewell, Steven Reid (Gabriel Tamas 57); Youssuf Mulumbu, Keith Andrews, James Morrison, Jerome Thomas (Chris Brunt 64), Peter Odemwingie; Marc-Antoine Fortune (Shane Long 84)

Chelsea: Petr Cech; David Luiz, Gary Cahill, Ashley Cole, Branislav Ivanovic (Raul Meireles 84), Michael Essien (Fernando Torres 76), Frank Lampard, Ramires; Juan Mata, Didier Drogba, Daniel Sturridge (Florent Malouda 64)

Wasit: Phil Dowd

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com