Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pep Guardiola Menyerah

Kompas.com - 28/02/2012, 03:43 WIB

BARCELONA, SENIN - Tepat seusai laga ke-24 masih ada 14 laga tersisa Pelatih Barcelona Pep Guardiola menyerah dalam perebutan juara Liga Spanyol. Selain akan lebih fokus ke Liga Champions dan Piala Raja, mereka ingin mengakhiri liga secara jantan, terhormat, dan dengan kepala tegak.

Bagi Barcelona, akhir persaingan liga itu diharapkan Guardiola seperti ketika Barcelona menundukkan tuan rumah Atletico Madrid 2-1 (1-0) di Stadion Vicente Calderon, Minggu (26/2) atau Senin dini hari WIB. Mereka seolah bakal pulang dengan skor tertahan 1-1 dan selisih poin dengan pemuncak klasemen Real Madrid semakin lebar.

Namun, sembilan menit menjelang laga berakhir, tendangan bebas spektakuler Lionel Messi mengoyak gawang Atletico. Barcelona pulang membawa tiga poin, membuat selisih nilai mereka tetap terpaut 10 poin dengan Real Madrid yang memukul tuan rumah Rayo Valecano 1-0 lewat gol Cristiano Ronaldo.

Hingga laga putaran ke-24 itu, Barcelona mengumpulkan nilai 54, sedangkan Real Madrid 64. ”Saya tidak yakin kami bakal juara liga. Namun, saya berharap, kami tetap bersaing seperti yang kami perlihatkan hari ini dan kami akan lebih bersaing di Liga Champions dan final Piala Raja,” kata Guardiola seusai laga.

Di Liga Champions, Barcelona telah memenangi laga putaran pertama babak 16 besar dengan memukul Bayer Leverkusen 3-1. Mereka akan menjamu klub Jerman di Nou Camp, 7 Maret mendatang, tetapi pasukan Guardiola diperkirakan tidak kesulitan memastikan tiket perempat final.

Gelar juara yang secara realistis dan tinggal selangkah dalam jangkauan Barcelona adalah Piala Raja. Mereka tinggal mengalahkan Athletic Bilbao di final. Di luar dua ajang itu, Barcelona bisa memperlihatkan ”kekalahan terhormat” dalam perebutan gelar juara Liga Spanyol jika dapat menaklukkan Real Madrid pada duel clasico di Nou Camp, 21 April mendatang.

Lagi-lagi Messi

Semua harapan Guardiola itu tidak mustahil diwujudkan sepanjang bintang andalannya, Lionel Messi, selalu dalam kondisi fit hingga akhir musim. Pada lawatan ke Vicente Calderon, bintang asal Argentina itu pula yang membuat perbedaan dalam tim.

Barcelona memimpin dulu 1-0 melalui gol Daniel Alves, menit ke-36. Namun, Radamel Falcao berhasil menyamakan 1-1 melalui golnya pada menit ke-49. Dalam kondisi serangan tim yang buntu, Messi tampil bak dewa penyelamat bagi klub Catalan melalui gol hasil tendangan bebas fantastis, menit ke-81.

Ia memanfaatkan konsentrasi lemah pemain Atletico yang masih sibuk menata pagar betis dengan tendangan bebas yang menghasilkan bola melengkung dan menghunjam pojok gawang kiper Thibaut Courtois. Dengan gol ini, total koleksi gol Messi di Liga Spanyol adalah 28 gol, terpaut satu gol di bawah koleksi Ronaldo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com