Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singkirkan Gabon, Mali Tantang Drogba Cs

Kompas.com - 06/02/2012, 02:29 WIB

LIBREVILLE, KOMPAS.com — Mali sukses mengalahkan tuan rumah Gabon 5-4 pada perempat final Piala Afrika 2012, Minggu atau Senin (6/2/2012) dini hari WIB lewat adu penalti, setelah pertandingan berakhir 1-1. Mali lolos ke semifinal untuk menantang Pantai Gading.

Sebelumnya, Didier Drogba dkk membawa Pantai Gading ke semifinal dengan mengalahkan tuan rumah lainnya, Equatorial Guinea, dengan skor 3-0.

Piala Eropa 2012 digelar di dua negara bertetangga, Equatorial Guinea dan Gabon. Kedua tuan rumah itu sama-sama sudah tersingkir.

Pada pertandingan perempat final, Gabon sebenarnya bermain ngotot. Setelah babak pertama masih alot dan berakhir 0-0, Gabon lebih menyerang pada babak kedua. Hasilnya, pada menit ke-55, Gabon berhasil unggul berkat gol Eric Mouloungui.

Sekitar 40.000 pendukung tuan rumah yang memadati stadion bersorak-sorai, apalagi saat pertandingan memasuki menit ke-80. Mereka merasa akan sukses ke semifinal.

Namun, saat pertandingan kurang lima menit, Mali berhasil menyamakan kedudukan. Pemain pengganti, Cheick Tidiane Diabate, sukses membobol gawang Gabon dan memaksa tuan rumah melakukan perpanjangan waktu.

Tambahan waktu dua kali 15 menit itu berakhir tanpa mengubah kedudukan. Adu penalti pun dilakukan.

Dari lima penendang Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang menjadi satu-satunya pemain yang gagal. Bola tendangannya dapat diantisipasi kiper Mali yang kemudian membloknya. Sementara itu, Seydou Keita menjadi penentu kemenangan Mali, setelah tendangannya membobol gawang Gabon. Mali pun menang 5-4.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com