Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aura Gelora Bung Karno bagi Timnas U-16

Kompas.com - 07/09/2011, 22:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini adalah pertandingan uji coba terakhir bagi Tim Nasional Indonesia U-16 sebelum berangkat ke Thailand pada tanggal 10 September mendatang. Di laga uji coba kelima ini, tim bertanding melawan kesebelasan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang minimal berumur 18 tahun, dan mereka unggul 6-1 atas tim mahasiswa tersebut.

Ginandaru Gesang (15) dan kawan-kawan menjalani laga uji coba terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (7/9/2011). Bagi sebagian besar pemain U-16, ini adalah pengalaman pertama bermain di stadion terbesar di Asia Tenggara ini. Beberapa laga uji coba sebelumnya hanya bisa diselenggarakan di Stadion Ciracas, Jakarta Timur.

Pelatih kepala Timnas U-16, Indra Syafri, mengatakan bahwa mereka sengaja mengusahakan agar tim besutannya bisa mencoba bermain di GBK sebelum bertanding di laga kualifikasi Grup A Piala Asia (AFC Cup) 2011 melawan Australia, Hongkong, Myanmar dan Thailand. Menurutnya, bermain di stadion 'beneran' akan membuat para remaja ini memiliki gambaran bermain di laga internasional.

"Jadi kita berusaha untuk latihan di sini. Ini kan stadion terbesar di Asia Tenggara, jadi nanti kalau di Thailand sudah enggak nervous lagi. Sekali ini saja cukuplah. Mereka di sini saja konsennya sudah cukup terganggu, lihat stadion yang besar," katanya usai laga.

Memang, lanjutnya, permainan di babak pertama tim buruk. Indra menilainya sebagai permainan negatif karena anggota Timnas kerap membuang bola ke belakang.

Menurutnya, para remaja memang kerap labil. Apalagi, sebagian besar belum pernah bertanding dengan ditonton oleh banyak pendukung yang memenuhi stadion.

Penanggung jawab teknik U-16 Hadi Ramadhani mengatakan, psikologis para pemain memang perlu ditopang karena nervous bermain di stadion untuk pertama kalinya. Langkah hypnotherapy pun benar-benar dimanfaatkan tadi.

"Mereka baru pertama kali di stadion. Jadi tadi dimotivasi, jangan nervous, kalian pasti bisa. Jadi tadi baru ngangkat di babak kedua," tambahnya.

Gavin (15), pemain sayap Timnas U-16, mengatakan bermain di stadion besar seperti Gelora Bung Karno baik untuk dirinya dan rekan-rekannya. Pasalnya, dari seluruh anggota tim, baru sekitar empat orang termasuk dirinya yang bermain di stadion besar ketika laga AC Milan Junior Camp 2011 pada tanggal 4 September lalu.

"Seharusnya dengan penonton juga. Jadi bisa rasain adrenalin lebih terangkat dan mengatasi nervous-nya juga. Tapi latihan di stadion juga bagus untuk bertanding di Thailand," ungkap remaja asal Bali ini.

Pelatih kepala, Indra, menambahkan sekitar 23 pemain akan diberangkatkan. Para pelatih berharap tim bisa bermain maksimal, terutama melawan tim Australia dan Thailand yang diunggulkan di grup ini.

Hadi menambahkan, tim berpotensi besar di bagian sayap dan bola-bola bawah. Potensi inilah yang akan dioptimalkan untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com