Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meireles, Kejutan di Akhir Jendela Transfer

Kompas.com - 02/09/2011, 04:02 WIB

London, Kamis - Kepindahan gelandang Liverpool, Raul Meireles, ke Chelsea dengan nilai transfer 11,8 juta poundsterling (Rp 162,5 miliar) untuk durasi empat tahun menjadi kejutan menjelang penutupan jendela transfer musim panas ini. Pemain tim nasional Portugal itu dilepas setelah memasukkan permintaan tertulis untuk dijual, beberapa jam sebelum penutupan bursa transfer, Rabu (31/8) pukul 23.00 waktu London.

Meireles mengajukan permintaan transfer menyusul kesanggupan Chelsea membayar sesuai permintaan Liverpool. Pekan sebelumnya, ”The Reds” menolak tawaran Chelsea untuk menukar Meireles dengan Yossi Benayoun, ditambah 7 juta pounds.

Pemain yang tampil 44 kali selama di Anfield itu akan bersama Andre Villas-Boas lagi, yang musim panas lalu melatihnya selama tiga pekan di FC Porto.

Spekulasi kepindahan Meireles sempat mengemuka beberapa bulan lalu dan kembali redup di pengujung transfer musim panas ini. Pemain berusia 28 tahun itu menjadi pilihan untuk dilepas, sebagai bagian program peremajaan pemain.

Selain itu, ada klausul dalam perjanjian kontrak yang mengharuskan Liverpool menaikkan gajinya hingga 65.000 pounds per pekan jika ia bermain bagus di musim pertama. Meireles yang digaji 35.000 pounds per pekan di musim pertama ikut berjasa besar mengangkat Liverpool di saat terpuruk musim lalu dengan mencetak lima gol di Liga Primer di era manajer Kenny Dalglish.

Persaingan pada posisinya juga semakin ketat karena ada pemain-pemain muda seperti Jordan Henderson, Charlie Adam, Lucas Leiva, dan Jay Spearing. Meireles menjadi pemain keenam yang direkrut ”The Blues” setelah Juan Mata, Thibaut Courtois, Romelu Lukaku, Oriol Romeu, dan Ulises Davila.

Liverpool juga melepas sejumlah pemain seperti Joe Cole yang dipinjamkan ke klub Liga Perancis, Lille; Cristian Poulsen dijual ke Evian; Alberto Aquilani dipinjamkan ke AC Milan; dan David Ngog dilepas ke Bolton dengan nilai 4 juta pounds. ”Saya perlu tantangan baru dan harus pergi keluar negeri dan Lille memberi saya kesempatan,” ujar Joe Cole.

”The Reds” juga kembali merekrut Craig Bellamy setelah mendapat jaminan dari Manchester City bahwa pemain timnas Wales itu bebas transfer. Bellamy masuk dalam daftar cuci gudang City yang harus memangkas pengeluaran untuk menekan kerugian.

City yang sukses memoles tim dengan mendatangkan penyerang Sergio Aguero dan gelandang Samir Nasri menutup musim transfer kali ini dengan mengontrak Owen Hargreaves yang dilepas Manchester United (MU). Mantan pemain tengah tim Inggris itu tidak diperpanjang kontraknya oleh MU karena penampilannya dinilai menurun setelah cedera panjang.

Arsenal menggebrak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com