Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongres PSSI Diundur 9 Juli

Kompas.com - 10/06/2011, 13:47 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Komite Normalisasi menyatakan, pelaksanaan kongres PSSI yang semula dijadwalkan 30 Juni 2011 di Kota Solo akhirnya diundur menjadi 9 Juli 2011.

"Atas surat petunjuk dari FIFA yang diterima Komite Normalisasi pada Rabu (8/6/2011) malam, diputuskan Kongres PSSI diundur 9 Juli 2011," kata Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar seusai melakukan pengecekan ke lokasi kongres di Solo, Jumat (10/6/2011).

Menurut Agum, diundurnya kongres luar biasa PSSI tersebut atas pertimbangan setelah adanya masukan dari Asian Football Confederation (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, dan hasilnya telah dilaporkan ke FIFA. Hal tersebut, menurut dia, seperti yang biasa dilakukan oleh AFC bahwa undangan untuk peserta kongres diterima empat minggu sebelum pelaksanaan kegiatan kongres.

Oleh karena itu, kata Agum, panitia segera mengirimkan undangan kepada peserta, pada Jumat (10/6/2011) ini, untuk pelaksanaan kongres di Hotel Sunan Solo, tanggal 9 Juli 2011.

Ia menjelaskan, pihaknya mengutus anggota KN, Joko Driyono, ke markas AFC di Kuala Lumpur, terkait dengan masalah kongres PSSI. Setelah mendapat masukan tersebut, pihaknya langsung dikonsultasikan dengan pihak FIFA dan mereka mendukung melalui suratnya yang diterima Rabu (8/6/2011) malam.

"Sehingga, jika undangan peserta dikirim Jumat  ini, pelaksanaan kongres akan dilakukan tanggal 9 Juli di Hotel Sunan Solo," katanya.

Ia menjelaskan, mengapa kongres PSSI diadakan di Solo karena kota ini memiliki nilai historis atau sejarah tentang sepak bola Indonesia. Pihaknya berharap kongres PSSI yang mengagendakan pemilihan ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif PSSI itu berjalan lancar dan tidak ada yang memaksakan kehendak demi kemajuan sepak bola Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Wali Kota Surakarta Joko Widodo, Wakil Wali Kota Hadi Rudyatmo, dan masyarakat Solo atas kesuksesan kongres yang akan digelar di Hotel Sunan, pada 9 Juli 2011," katanya.

Sementara itu, Ketua KN Agum Gumelar yang menghadiri dan melihat lokasi kongres di Solo juga didampingi Wali Kota Surakarta Joko Widodo serta anggota KN, yakni Sinyo Aliando, Sumaryoto, Joko Driyono, dan Hadi Rudyatmo. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com