Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya 1927 Raup Kemenangan Berlipat Ganda

Kompas.com - 16/05/2011, 04:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Kemenangan Persebaya 1927 atas Persema Malang, 4-0 (3-0), dalam lanjutan Liga Primer Indonesia di Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya, Minggu (15/5), bukan kemenangan biasa. Itu kemenangan spesial, terkait jumlah gol yang tercipta, status lawan yang sebelumnya penguasa klasemen, dan rekor penonton yang menyaksikan laga, serta pemasukan dana yang diraup.

Empat gol itu diciptakan Otavio Dutra menit ke-2, Andrew Barisic (dua gol, menit ke-8 serta 65), dan Nico Susanto menit ke-34. Kemenangan ini membawa Persebaya 1927 ke puncak klasemen sementara, sekaligus menggeser Persema dengan keunggulan selisih gol.

Kedua klub itu sama-sama mengantongi nilai 39 dari 17 laga. Persebaya unggul selisih gol karena telah 42 kali menjebol gawang lawan dan hanya kebobolan 13 kali. Adapun Persema memasukkan gol 34 kali dan kemasukan 12 kali.

Menurut Pelatih Persebaya 1927 Aji Santoso, kunci sukses timnya terletak pada penampilan timnya yang begitu enjoy dan berani memeragakan permainan satu dua sentuhan. ”Saya memang selalu menekankan kepada anak-anak agar menikmati setiap pertandingan,” kata Aji, seperti dikutip situs resmi LPI. ”Ciri khas Persebaya 1927 harus muncul, yaitu main cepat dengan satu dua sentuhan.”

Humas Persebaya 1927 Ram Surahman mengungkapkan, laga melawan Persema itu juga mencatat rekor jumlah penonton, yaitu 29.925 penonton. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan laga Persebaya melawan tim-tim sebelumnya yang maksimal sekitar 22.000 penonton.

”Total pendapatan dari penjualan tiket sekitar Rp 669 juta. Itu pendapatan kotor karena masih harus dipotong dengan sejumlah biaya operasional, termasuk pengamanan,” tutur Ram. Pendapatan itu merupakan pendapatan terbesar sepanjang penyelenggaraan laga kandang tim berjuluk ”Green Force” itu.

Untuk pengamanan laga yang disaksikan penggagas LPI Arifin Panigoro itu, Polrestabes Surabaya mengerahkan sekitar 2.500 personel dan dibantu pengamanan dari unsur TNI.

Kemenangan Jakarta FC

Pada laga lain, tim tuan rumah Jakarta FC berhasil mempersembahkan tiga poin tambahan setelah mengalahkan tim tamunya, Bandung FC, dengan skor 3-1 di Stadion Wilis, Madiun, Minggu (15/5). Total poin Jakarta FC saat ini menjadi 26 yang dihasilkan dari 16 kali pertandingan.

Kemenangan Jakarta FC dipersembahkan oleh striker andalan Hendra Bayoue yang berhasil menyarangkan dua gol ke gawang lawan. Masing-masing gol Hendra tercipta pada menit ke-2 dan menit ke-27 di babak pertama pertandingan. Adapun Charles melengkapi kemenangan Jakarta FC dengan mencetak gol pada menit ke-86 di pengujung pertandingan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com