Ferguson: Tim Jerman Selalu Tangguh

Kompas.com - 24/04/2011, 17:20 WIB
EditorTjatur Wiharyo

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manchester United pernah merasakan disingkirkan dari Liga Champions oleh tiga tim berbeda dari Jerman, yaitu Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, dan Bayern Muenchen. Kini, undian semifinal mempertemukan MU dengan tim asal Jerman lainnya, Schalke, dan Alex Ferguson menilai timnya lebih siap untuk membalik peruntungan.

MU masuk semifinal 1996-1997 dan bertemu Dortmund. Mereka tersingkir dengan kekalahan agregat 2-0 (1-0, 1-0).

Pada musim 2001-2002, MU berjumpa Leverkusen di semifinal. Saat itu, "Setan Merah" kalah agresivitas di kandang lawan setelah bermain 2-2 di Old Trafford pada laga pertama dan 1-1 pada laga kedua di Bay Arena.

Pengalaman pahit teranyar adalah disingkirkan Muenchen di perempat final 2009-2010. Mereka tersingkir lagi-lagi karena kalah produktivitas gol di kandang lawan setelah pada laga pertama menang 2-1 di Allianz Arena dan MU kalah 2-3 pada laga kedua di Old Trafford.

Pada semifinal musim ini, MU akan bertindak sebagai tamu pada laga pertama di Veltins-Arena, Selasa (26/4/2011). Laga kedua akan digelar di Old Trafford pada 4 Mei.

"Kami tak pernah punya rekor pertemuan bagus dengan Bayern sejak musim 1999. Kami seri dua kali di fase grup dan mengalahkan mereka di final (1999)," ujar Ferguson seperti dikutip Soccernet.

"Kami sangat tidak beruntung ketika bertemu Leverkusen. Kami seharusnya melihat mereka tersingkir. Kami juga sangat tidak beruntung saat bertemu Dortmund. Namun, Anda tak bisa selalu tak beruntung dan kadang kala (peruntungan) Anda berubah."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tim-tim asal Jerman selalu memiliki ketahanan dan determinasi dan itu akan kembali terlihat pada Selasa nanti," ujarnya.

"Kami akan memasuki pertandingan ini dengan pengalaman lebih baik dari musim-musim sebelumnya dan rekor tandang kami dalam beberapa musim terakhir juga bagus," tuturnya. (SCN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.