DFB: Karier Timnas Ballack Belum Berakhir

Kompas.com - 29/03/2011, 01:18 WIB
EditorHery Prasetyo

MUENCHEN, KOMPAS.com - Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), Dr The Zwanziger, menegaskan, karier Michael Ballack di tim nasional Jerman belum berakhir. Zwanziger menilai, gelandang Bayer Leverkusen itu masih punya kesempatan bermain mengingat jasanya di masa lalu.

Pemain berusia 34 tahun ini tak pernah lagi membela timnas selama lebih dari 12 bulan. Namun, ia tetap diakui sebagai kapten tim dan Pelatih Joachim Loew mengaku siap menurunkannya jika sang pemain sudah benar-benar fit.

"Tak ada yang tahu bahwa dia bisa melakukan itu (kembali bermain di timnas). Dia akan datang menjelang akhir kariernya. Tapi, dia bukan seseorang yang sudah tua. Dia tetap Kapten Jerman. Mengingat performanya di masa lalu, kita berutang kepadanya," kata Zwenziger kepada televisi SWR.

Ballack lama absen akibat cedera engkel yang ia dapat saat masih membela Chelsea, tepatnya pada final Piala FA 2010. Akibat cedera itu, ia harus rela absen di Piala Dunia 2010 lalu di Afrika Selatan. Meski telah berjuang untuk pulih, Ballack tetap tak mampu kembali ke performa sebelumnya. Apalagi di Leverkusen ia juga kerap diterpa cedera ringan yang membuat kariernya semakin menurun.

Namun, kini ia sudah siap kembali memberikan permainan terbaiknya. Ballack mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan dan tampil dengan performa terbaiknya. Bahkan saat pertandingan melawan FC Koeln, penampilan Ballack mendapat banyak pujian, termasuk dari Loew. Meski demikian, kesempatan untuk kembali ke timnas belum juga datang saat Jerman menghadapi Kazakhstan di kualifikasi Piala Eropa 2012, akhir pekan lalu.

"Dia kurang beruntung absen di Piala Dunia. Pemain yang telah melakukan banyak hal untuk sepak bola Jerman pantas mendapat kesempatan untuk kembali," tegas Zwanziger.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X