TNI Hanya Jaga Keamanan Kongres PSSI

Kompas.com - 27/03/2011, 15:25 WIB
EditorTri Wahono

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sejumlah perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara mengejutkan datang ke Kongres PSSI di Hotel The Premier, Pekanbaru, Riau, Sabtu (26/3/2011). Menurut Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Papua, Usman Fakaubun, para tentara itu hanya sekedar menjaga keamanan kongres.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejak pagi hari hotel tempat kongres berlangsung memang terus di demo para pendukung revolusi PSSI. Aparat kepolisian juga sudah menjaga hotel dengan ketat. Namun, memasuki petang sejumlah anggota TNI datang dan berjaga-jaga di depan hotel, padahal para demonstran sudah pulang.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), melalui Ketua Badan Pekerja Kontras, Haris Azhar, sebelumnya menilai, keberadaan TNI di kongres tidak dibenarkan. Karena, kongres PSSI tidak mengarah pada suatu kondisi yang mengancam pertahanan nasional.

Adapun Usman memiliki pendapat yang berbeda. "Kalau ada tentara tadi malam hanya untuk memberikan keamanan, agar kongres itu berjalan secara aman, tertib dan lancar," tandas Usman, Minggu (27/2/2011).

Yang jadi pertanyaan adalah beberapa saat sebelum kongres dibuka, terdapat sejumlah orang masuk ke dalam hotel dengan ciri-ciri berbadan tegap berambut 'cepak' dengan menggunakan identitas khas tertentu, tapi mereka tidak mengenakan seragam TNI. Mereka masuk ke hotel beramai-ramai dan tak dicegah sedikit pun oleh aparat keamanan. Tidak diketahui pasti apakah mereka bagian dari TNI atau tidak.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X