Arsenal Ditahan Tim Gurem

Kompas.com - 21/02/2011, 01:26 WIB
EditorHery Prasetyo

LONDON, KOMPAS.com - Langkah Arsenal untuk segera bertemu Manchester United di babak perempat final Piala FA tertunda setelah ditahan imbang 1-1 oleh Leyton Orient di putaran kelima Piala FA, Minggu atau Senin (21/2/2011) dini hari WIB. Gol dari Jonathan Tehoue di menit ke-87 membuat kedua tim harus memainkan laga replay di Stadion Emirates.

Tampil tanpa Cesc Fabregas yang duduk di bangku cadangan, Arsenal bertumpu kepada Thomas Rosicky dalam mengatur serangan. Tugas mengedor pertahanan lawan diberikan kepada Andrei Arshavin, Nicklas Bendtner, dan Marouane Chamakh.

Arsenal memang menguasai jalannya pertandingan. Namun, "The Gunners" terlihat kesulitan menembus pertahanan rapat dari Leyton. Tim tuan rumah sendiri tak mampu berbuat banyak karena lawan yang dihadapi adalah tim yang jauh lebih berkualitas dari mereka.

Tapi, selepas 10 menit pertama, Leyton mulai berani tampil menyerang dan memberikan perlawanan sengit kepada tim papan atas Premier League tersebut.

Peluang didapat Arsenal pada menit ke-20. Sayang, bola tendangan keras dari Arshavin masih bisa dibendung oleh kiper Leyton, Jamie Jones.

Menit ke-34, Arsenal kembali mendapat peluang. Umpan Kieran Gibbs hampir saja dikonversikan oleh Chamakh menjadi gol jika tak melenceng tipis di atas mistar gawang.

Meski sudah sepuluh kali melakukan tembakan percobaan (lima kali menemui sasaran), tak satu pun gol berhasil diciptakan Arsenal pada babak pertama. Kedudukan 0-0 pun bertahan hingga jeda.

Arsenal akhirnya baru bisa unggul di menit ke-53. Umpan dari Bendtner langsung disambar Rosikcy dengan sundulan yang tak mampu diselamatkan oleh kiper Leyton, Jones.

Leyton memberikan respons atas gol Rosicky. Tim Divisi II Liga Inggris ini makin meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun, usaha mereka selalu berhasil dipatahkan barisan pertahanan Arsenal.

Arsenal juga tetap mendominasi jalannya pertandingan. Tapi, lagi-lagi mereka gagal memanfaatkan keunggulan mereka sebagai tim bertabur bintang. Kurang konsentrasi dan kerap terburu-buru membuat Arsenal tak mampu mencetak gol tambahan. Padahal, hingga menit ke-80, Arsenal sudah mencetak 16 tembakan percobaan (sembilan di antaranya menemui sasaran).

Meski tertekan, Leyton malah mampu mencetak gol balasan pada menit ke-87. Pemain pengganti Jonathan Tehoue mampu mengelabui dua pemain belakang Arsenal sebelum akhirnya menundukkan kiper Arsenal, Manuel Almunia, dengan tendangan keras kaki kanannya. Arsenal pun dipaksa bermain imbang 1-1 dan mengulang pertandingan ini.

Susunan Pemain Leyton Orient: Jamie Jones, Jason Crowe (Thomas Carroll 46), Terrell Forbes, Ben Chorley, Andrew Whing, Stephen Dawson, Dean Cox, Jimmy Smith, Charlie Daniels, Alex Revell (Paul-Jose M'Poku 84), Scott McGleish (Jonathan Tehoue 63)

Arsenal: Manuel Almunia, Sebastien Squillaci, Bacary Sagna, Kieran Gibbs, Iganasi Miquel, Tomas Rosicky, Andrei Arshavin, Alex Song, Denilson, Nicklas Bendtner, Marouane Chamakh



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X