Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Ruben Tergantung Paspor

Kompas.com - 16/01/2011, 19:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, mengaku tak menutup peluang pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ruben Wuarbanaran, untuk membela tim nasional U-23. Namun, menurut Riedl, semuanya bergantung pada proses naturalisasi Ruben.

Ruben merupakan salah satu pemain keturunan yang diundang mengikuti seleksi timnas U-23 oleh Badan Tim Nasional. Pemain yang membela FC Den Bosch itu sudah tampil dalam seleksi kedua yang digelar pada 11-13 Januari 2011. Namun, Ruben memilih pulang ke Belanda setelah mengalami cedera pangkal paha pada hari pertama seleksi tersebut.

Riedl sepertinya terpikat dengan penampilan Ruben. Oleh karena itu, dia memberikan dispensasi kepada Ruben untuk mengikuti seleksi ketiga. Namun, Ruben belum hadir hingga hari ini.

"Ruben merupakan pemain yang memiliki kualitas bagus. Dia akan kembali jika proses naturalisasinya selesai. Dia bisa tampil di pra-olimpiade apabila prosesnya cepat. Namun, jika tidak, dia akan tampil di SEA Games 2011," ujar Riedl setelah memimpin seleksi ketiga, Minggu (16/1/2011) sore.

Dengan begitu, Ruben menjadi satu-satunya pemain yang lolos. Sebelumnya, Riedl telah mencoret empat pemain keturunan, yakni James Zaidan Saragih (New York Cosmos/AS), Andrea Bitar (Cannes/Perancis), Arthur Irawan (Preston/Inggris), dan Vincent Partosoebroto (SV Hooffdrof/Belanda).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com