Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Lama, Sneijder Raih Ballon d'Or

Kompas.com - 12/01/2011, 02:17 WIB

MILAN, KOMPAS.com - Gelandang Inter Milan, Wesley Sneijder, diyakini media-media Italia bakal memenangkan trofi Ballon d’Or jika masih memakai sistem voting yang lama. Sayangnya, sistem itu dihapus sehingga nama Sneijder disisihkan para saingannya.

Mulai tahun ini FIFA menggabungkan gelar pemain terbaik versi mereka dengan gelar pemain terbaik Eropa versi France Football, yakni Ballon d’Or. Trofi baru itu berjuluk FIFA Ballon d’Or dan Lionel Messi yang sukses memenangkannya. Adapun tempat kedua dan ketiga diduduki Andres Iniesta dan Xavi Hernandez.

Pada sistem voting baru, hak suara dimiliki oleh para kapten dan pelatih tim nasional, serta jurnalis di seluruh dunia. Media-media Italia mengklaim, jika masih memakai sistem yang lama, di mana hanya jurnalis yang memiliki hak suara untuk Ballon d’Or, maka pemenanganya pasti Sneijder.

Pasalnya, para jurnalis Eropa lebih mengutamakan torehan gelar pemain setiap tahun. Tahun lalu, Sneijder memenangkan treble, jadi dia pantas menduduki tangga pertama. Disusul Iniesta dan Xavi yang mendapatkan dua gelar. Sementara Messi hanya akan berada di posisi keempat.

Conton teranyar bisa dilihat pada pada 2004 lalu. Ketika itu, FIFA memberikan gelar pemain terbaik mereka kepada Ronaldinho. Padahal, Dinho tak memenangkan satu gelar pun di tahun itu. Sementara France Football memberikan Ballon d’Or kepada Andriy Shevchenko yang mengantar AC Milan meraih scudetto dan Piala Super Italia. Sheva juga menjadi pencetak gok terbanyak Serie-A di tahun itu. (FBI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com