Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia Belum Mengantongi Izin

Kompas.com - 06/01/2011, 04:37 WIB

Solo, Kompas - Panitia pelaksana pertandingan perdana Liga Primer Indonesia—yang bersamaan dengan pembukaan LPI di Kota Solo, Jawa Tengah, 8 Januari—belum juga memperoleh izin bertanding dari kepolisian. Pertandingan perdana itu mempertemukan Solo FC dan Persema Malang.

Ketua Panitia Lokal Solo Roy Saputra, Rabu (5/1), menjelaskan, pihaknya telah mengajukan permohonan izin kepada Kepolisian Resor Kota Surakarta tertanggal 3 Januari. Pihaknya hingga kini masih menunggu keluarnya izin untuk penyelenggaraan pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Manahan.

”Sampai Rabu sore izin belum keluar. Kepolisian mengatakan masih dalam proses,” kata Roy.

Sebelumnya, Kota Solo sempat menjadi tuan rumah pertandingan pramusim Liga Primer Indonesia (LPI) pada 2-6 Desember 2010. Saat itu tidak ada masalah dalam pengurusan perizinan.

Kendala perizinan ini muncul setelah PSSI mengirim surat ke Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia bahwa federasi sepak bola itu tidak memberi rekomendasi terhadap setiap pertandingan LPI. Dengan demikian, diharapkan kepolisian tidak memberi pengamanan pertandingan LPI.

”Apa dasar hukumnya PSSI melarang kompetisi LPI?” kata Roy.

Jika hingga hari pertandingan izin tidak juga keluar, lanjut Roy, pihaknya menyerahkan keputusan kepada panitia pelaksana pusat LPI. Sampai saat ini persiapan penyelenggaraan sudah 60 persen, berupa kondisi lapangan, tempat latihan, perlengkapan, dan kebutuhan pertandingan lainnya.

Juru bicara LPI, Abi Hasantoso, menjelaskan, izin pertandingan memang belum dikeluarkan oleh Polresta Solo. Namun, proses perizinan masih terus berlangsung. Panitia lokal di Solo masih menunggu jawaban dari Kapolresta Solo.

”Besok pagi (Kamis) kami ada pertemuan dengan Kapolresta Solo dan Kapolda Jawa Tengah. Pertemuan itu untuk menjelaskan tentang LPI kepada jajaran aparat keamanan,” ujar Abi.

Abi menambahi, pihak LPI optimistis kepolisian akan memberikan izin pertandingan perdana. LPI juga dimaksudkan untuk memperbaiki sepak bola nasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com