Utina Gagal Penalti, Indonesia Masih Seri - Kompas.com

Utina Gagal Penalti, Indonesia Masih Seri

Kompas.com - 29/12/2010, 19:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia masih bermain imbang tanpa gol dengan Malaysia pada laga final kedua Piala AFF 2010 di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (29/12/2010). Indonesia bisa menutup babak pertama dengan keunggulan minimal 1-0 seandainya eksekusi penalti Firman Utina tak ditangkap kiper Khairul Fahmi bin Che Mat.

Bermain sebagai tuan rumah dengan keadaan kalah agregat 0-3, Indonesia bermain agresif dan ofensif sejak menit awal. Sayang, usaha itu tak diimbangi dengan ketenangan dan fokus tinggi. Pada momen-momen krusial, Indonesia kerap melakukan kesalahan umpan atau terburu-buru melakukan eksekusi.

Pada menit ke-14, misalnya, Arif Suyono mengirim umpan silang. Muhammad Ridwan berusaha menjangkaunya, tetapi didahului Khairul Fahmi.

Dua menit berselang, giliran Irfan Bachdim menyontek bola liar di kotak penalti. Eksekusinya memang akurat, tetapi terlalu lemah sehingga bisa ditangkap Khairul Fahmi.

Di tengah kesulitan itu, Indonesia mendapat hadiah penalti, menyusul handsball yang dilakukan Mohd Sabre bin Mat Abu pada menit ke-18. Firman Utina yang dipercaya mengeksekusi bola mengirimnya secara akurat ke sudut kiri bawah gawang, yang sayangnya terlalu lemah. Bola pun mudah ditangkap Khairul Fahmi.

Setelah penalti itu, Malaysia mencoba bangkit. Melalui Mohamad Ashari bin Samsudin. Mereka hampir saja mencetak gol pada menit ke-20. Untung saja, Markus Horison masih mampu menepis tembakan akurat Ashari.

Indonesia mencoba membalas. Namun, belum lagi mampu menciptakan ancaman serius, Indonesia kembali terancam kebobolan pada menit ke-32. Saat itu, Mohd Safee bin Mohd Sali berhasil masuk kotak penalti dan menembakkan bola yang melenceng dari sasaran.

Ancaman itu dibalas Indonesia dengan sejumlah serbuan yang tuntas dengan eksekusi. Namun, Malaysia mampu menghindarinya sampai peluit turun minum berbunyi dengan skor 0-0 tertera di papan skor. (*)


EditorTjatur Wiharyo

Close Ads X