Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klub LPI Tak Diakui FIFA

Kompas.com - 17/09/2010, 23:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Liga Indonesia Andi Darussalam Tabusala mengatakan bahwa Liga Primer Indonesia (LPI) yang telah dideklarasikan tak akan bisa berkiprah di ajang Kejuaraan Sepak Bola Asia (AFC) dan Sepak Bola Dunia (FIFA) karena tidak berada dalam asuhan PSSI.

"Tiga hari sebelum hari Lebaran saya telah bertemu dengan penggagas Liga Primer Indonesia, Arifin Panigoro. Saya sampaikan kalau gagasan yang disampaikan sangat baik," kata Andi Darussalam, Jumat (17/9/2010).

"Namun, saya juga katakan kalau kompetisi yang tidak berada di bawah PSSI tidak akan mempunyai ruang untuk bicara di tingkat AFC dan FIFA."

Andi mengungkapkan bahwa pihaknya pada Jumat siang telah mengumpulkan seluruh peserta ISL 2010-2011 yang dihadiri 16 peserta. Hal itu dilakukannya dalam rangka mengantisipasi dideklarasikannya LPI yang digagas pengusaha nasional Arifin Panigoro di Griya Jenggala pada hari yang sama.

Menurut Andi, rencana untuk menggelar LPI tidak bisa lagi dianggap sekadar wacana sebab, menurutnya, sudah ada beberapa sponsor yang bersedia untuk menopang penyelenggaraan LPI.

Karena itu, kata Andi, PT Liga Indonesia sebagai pengelola kompetisi sepak bola di Indonesia harus memberikan tanggapannya terkait munculnya LPI. Bahkan, Andi dengan tegas mengingatkan para peserta ISL untuk menaati statuta yang berlaku.

"Tadi saya mengundang seluruh peserta ISL dan mayoritas mereka hadir. Hanya dua yang tidak mengirimkan wakilnya, yakni Persipura dan Persisam," kata Andi.

"Dalam pertemuan itu saya sampaikan kepada mereka untuk tetap berjalan sesuai dengan statuta yang berlaku. Dan, mereka sudah tahu konsekuensinya bila melanggar statuta. Karena itu, saya tidak perlu menjelaskannya lagi," katanya.

Ditambahkan Andi, dalam pertemuan tersebut, semua klub menyatakan komitmennya untuk tetap tampil di Liga Super Indonesia (LSI), sedangkan Persipura dan dan Persisam sejak awal telah sepakat dengan apa pun hasil pertemuan.

Andi kembali menegaskan bahwa LSI 2010-2011 akan tetap digelar mulai 26 September 2010. Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia ini akan diawali dengan pertandingan Community Shield pada 25 September 2010.

"Saya tidak perlu tanda tangan dan tidak perlu ada deklarasi karena kita adalah olahragawan, dan ucapan kita bisa dipercaya," kata Andi.

Andi menambahkan bahwa kepada para peserta yang ingin bergabung dengan LPI agar melapor sebelum 26 September 2010. "Dengan demikian, kita bisa mencari penggantinya dari bawah," katanya menandaskan. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com