Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecepatan Inggris Dibayar Kesalahan Kiper

Kompas.com - 13/06/2010, 02:17 WIB

RUSTENBURG, KOMPAS.com - Dalam waktu 3 menit 32 detik, Inggris sudah unggul 1-0 atas Amerika Serikat pada duel penyisihan Piala Dunia 2010, Sabtu (12/6/2010). Namun, AS berhasil menyamakan skor berkat blunder kiper Inggris. Skor sementara 1-1 hingga turun minum.

Gol pertama Inggris itu diciptakan oleh kapten Steven Gerrard. Berawal dari umpan Emile Heskey, Gerrard membawa bola ke kotak penalti melewati Ricardo Clark. Dengan sisi luar kaki kanannya, pemain Liverpool itu mengarahkan bola ke kiri kiper Tim Howard.

AS merespons gol itu dengan mendesak Inggris lewat aksi pemain sayap Landon Donovan dan Clint Demsey. Peluang tercipta pada menit ke-18 ketika Donovan meluncurkan crossing panjang kepada Jozy Altidore di depan gawang Robert Green. Inggris selamat karena Altidore gagal menyentuh bola.

Inggris kemudian mengambil kendali permainan dengan mengandalkan kecepatan baik menyerang maupun ketika harus kembali ke belakang. Akan tetapi, Gerrard dkk masih belum bisa menembus sepertiga lapangan "The Yankees".

"The Three Lions" justru kena hukuman akibat kesalahan fatal yang dilakukan kiper Robert Green. Di menit ke-40, Demsey berhasil melepas tembakan ke tengah gawang. Bidikannya mengarah tepat kepada Green, tapi tangannya tak lengket memegang bola. Bola malah bergulir ke belakang dan melewati garis gawang.

Susunan pemain: Inggris: Green; Johnson, King, Terry, A. Cole; Lennon, Lampard, Gerrard, Milner (Wright-Phillips 30); Heskey, Rooney.

AS: Howard; Cherundolo, DeMerit, Onyewu, Bocanegra; Donovan, Bradley, Clark, Dempsey; Findley, Altidore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com