Pasang-Surut Karier Beckham - Kompas.com

Pasang-Surut Karier Beckham

Kompas.com - 15/03/2010, 13:57 WIB

MILAN, KOMPAS.com — Gelandang AC Milan yang dipinjam dari LA Galaxy, David Beckham, mengalami cedera tendon achilles yang membuatnya nyaris mustahil membela tim nasional Inggris (timnas) di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Juni mendatang. Ini sangat menyakitkan karena untuk Piala Dunia-lah Beckham datang ke Milan.

Beckham bergabung dengan Milan, Januari silam, dengan masa pinjaman hingga akhir musim ini supaya bisa menjaga fisik dan performanya. Ia berharap ini membuatnya bisa tampil di Afsel, yang seharusnya merupakan Piala Dunia keempat sepanjang karier Beckham bersama timnas.

Meski berat, menurut sejumlah kalangan, termasuk Wakil Presiden Milan Adriano Galliani, cedera hanya merusak karier Beckham. Namun, tidak mentalnya.

Berikut ini adalah pasang-surut perjalanan karier Beckham, yang membuatnya masih menjadi magnet sepak bola dunia yang belum ada gantinya.

- 1996: Membantu Manchester United (MU) meraih gelar Premier League dan Piala FA.

- 1996: Mencetak gol spektakuler ke gawang Wimbledon yang dikawal Neill Sullivan dari tengah lapangan di laga pembuka musim 1996.

- 1996: Mengawal karier timnas saat duel kualifikasi Piala Dunia 1996 melawan Moldova, di mana Inggris menang 3-0.

- 1997: Mengantar MU menjuarai Premier League, terpilih menjadi pemain muda terbaik versi asosiasi sepak bola profesional (PFA). MU menjuarai (saat itu) Charity Shield.

- 1998: Membela Inggris di Piala Dunia di Perancis. Mencetak gol pertama untuk Inggris, yaitu sebuah tendangan bebas yang bersarang ke gawang Kolombia, di Lens, 26 Juni. Diusir dari lapangan di babak 16 besar, akibat melanggar pemain Argentina, Diego Simeone. Inggris tersingkir.

- 1999: Bersama MU meraih treble winner, yaitu Premier League, Piala FA, dan Liga Champions. Terpilih sebagai runner-up pemain terbaik dunia.

- 2000: Ikut mengantarkan MU menjuarai Premier League. Terpilih menjadi kapten Inggris untuk laga persahabatan melawan Italia.

- 2001: Dipilih menjadi kapten Inggris oleh pelatih (saat itu), Sven Goran Eriksson, dalam laga persahabatan melawan Perancis. Kembali membantu MU menjurai Premier League. Mencetak gol dari tendangan bebas di masa injury time ke gawang Yunani, yang mengantarkan Inggris ke putaran final Piala Dunia.

- 2002: Absen selama enam pekan (pada bulan April) akibat cedera metatarsal, yang membuatnya mengakhiri musim lebih awal. Menandatangani kontrak baru di MU untuk masa tiga musim dengan nilai sekitar 100.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar per pekan. Membobol gawang Argentina dari titik penalti pada Piala Dunia.

- 2003: Ditimpuk sepatu oleh pelatih MU, Alex Ferguson (Februari), menyusul kekalahan dari Arsenal. (Juni) Menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris atas pengabdian pada sepak bola. (Juni) MU mengumumkan telah menerima penawaran Real Madrid untuk Beckham senilai 25 juta poundsterling atau sekitar Rp 347 miliar.

- 2004: Gagal mengeksekusi penalti ke gawang Portugal pada ajang Piala Eropa.

- 2005: Mengenakan ban kapten Inggris untuk ke-50 kalinya, yaitu saat melawan Argentina.

- 2006: Cedera pada pertandingan Inggris melawan Portugal di Piala Dunia Jerman. Dicoret pelatih (saat itu) Steve McClaren dari skuad Inggris untuk laga persahabatan melawan Yunani.

- 2007: Beckham mengumumkan akan meninggalkan Real Madrid ke LA Galaxy. Pelatih Madrid (ketika itu) Fabio Capello menyatakan tak akan memainkan Beckham lagi. Beckham dipanggil McClaren membela Inggris melawan Brasil dan Estonia. Menjuarai Divisi Primera. Mencetak gol dalam debutnya bersama LA Galaxy ke gawang DC United melalui tendangan bebas.

- 2008: Dicoret pelatih Inggris (saat itu) Fabio Capello dari skuad yang akan melawan Swiss. Meraih caps ke-100 saat laga persahabatan melawan Perancis. Meraih caps ke-107 dalam laga melawan Belarus. Ia mengalahkan rekor Sir Bobby Charlton dan menjadi pemain ketiga yang paling sering membela Inggris. Bergabung dengan Milan sebagai pemain pinjaman dari LA Galaxy.

- 2009: Meraih caps ke-108 sekaligus menyamai rekor Bobby Moore saat laga melawan Spanyol. Meraih caps ke-109 saat duel melawan Slowakia.

- 2010: Kembali ke AC Milan sebagai pemain pinjaman. Kembali ke Old Trafford untuk pertama kalinya, setelah meninggalkannya pada 2003 silam. Mengalami cedera tendon achilles saat membela Milan melawan Chievo. (DM)


Editortjatur

Close Ads X