Cedera Cole Pusingkan Capello

Kompas.com - 13/02/2010, 03:35 WIB
Editor

London, Jumat - Cedera bek kiri Ashley Cole tidak hanya memusingkan Pelatih Chelsea Carlo Ancelotti, tetapi juga membuat pening Pelatih timnas Inggris Fabio Capello. Bukan hanya soal cedera Cole yang butuh waktu tiga bulan untuk pemulihan, melainkan juga soal pengganti yang tepat jika Cole absen.

”Ini kabar buruk bagi saya karena dia pemain penting. Ashley sangat bagus saat bertahan dan juga bagus ketika menyerang. Dia benar-benar berbahaya dan saya berharap masalah ini tidak terlalu buruk,” kata Capello, seperti dikutip BBC, Jumat (12/2).

Cole (29) cedera engkel, Rabu lalu, saat Chelsea menyerah 1-2 di kandang Everton pada partai Liga Inggris. Bagian bawah kakinya ditendang striker pinjaman Everton asal AS, Landon Donovan, saat keduanya berebut bola.

Donovan adalah kapten tim AS yang bakal menjadi lawan Inggris pada laga pertama kedua tim di penyisihan Grup C Piala Dunia 2010 di Rustenburg, Afrika Selatan, 12 Juni. Cole (77 kali tampil di timnas) adalah bek kiri dalam tim inti Inggris.

Jika Cole berhalangan, posisinya biasanya digantikan Wayne Bridge (Manchester City). Namun, situasinya menjadi rumit terkait dugaan skandal seks mantan pacarnya, Vanessa Perroncel, dengan bek tengah John Terry. Skandal itu telah membuat Terry dicopot dari kapten timnas.

Berpacu dengan waktu

Untuk di Chelsea, posisi Cole bisa digantikan Yuri Zhirkov atau Paulo Ferreira. Untuk timnas, Cole berpacu dengan waktu untuk pulih dalam waktu tiga bulan. Capello akan memilih 35 pemain pada 12 Mei, tetapi tanggal krusial bagi Cole adalah 1 Juni, hari terakhir Capello harus memangkas skuadnya menjadi 23 pemain yang tampil di Piala Dunia.

 

Sebelum berlaga di Piala Dunia, Inggris dijadwalkan melakoni dua uji coba, melawan Meksiko di Wembley (24 Mei) dan Jepang di kamp pemusatan latihan (29 atau 30 Mei). Pada 3 Maret mendatang skuad Capello menjajal Mesir di Wembley.

Capello diperkirakan akan memanggil Bridge untuk melawan Mesir. Akan Namun, Bridge pernah menyatakan ingin mundur dari timnas menyusul terungkapnya skandal Terry-Perroncel. Jika ia menolak panggilan Capello, beberapa nama calon bek kiri adalah Stephen Warnock, James Milner (Aston Villa), Leighton Baines (Everton), atau Joleon Lescott (Manchester City).

Perjuangan Cole berpacu dengan waktu untuk pulih dari cedera pernah dialami David Beckham dan Wayne Rooney menjelang Piala Dunia 2002 dan 2006. (REUTERS/SAM)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.