Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benitez: Cara Saya sudah Benar

Kompas.com - 25/10/2009, 15:07 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Pelatih Liverpool Rafael Benitez tetap optimistis terhadap kemampuan bersaing timnya musim ini. "The Reds" akan memutus rantai kekalahan dan mempertahankan permainan baiknya.

Benitez menjadi sorotan pendukung Liverpool menyusul kekalahan keempat berturut-turut yang dialami oleh Steven Gerrard dkk. Jika kalah lagi lawan MU, "The Kop" akan mengulang sejarah kelam pada September 1953, di mana mereka kalah lima kali beruntun.

"Saya rasa kondisinya akan membaik di masa datang," kata Benitez jelang duel bigmatch lawan Manchester United, Minggu (25/10).

"Pertama, kami perlu memenangi beberapa laga untuk mengubah suasana di lapangan. Setelah itu, kami harus terus melakukannya dengan cara benar. Saya punya beberapa ide dan saya rasa bisa lebih baik," tambahnya.

Selain kepada Benitez, Liverpudlian juga geram kepada pemilik klub, Tom Hicks dan George Gillett. Keduanya dianggap kurang mampu menangani kekuatan finansial klub. Akibatnya, utang mereka banyak. Dana pembelian pemain juga disunat. Rencana pembangunan stadion baru pun terbengkalai.

Meski kecewa dengan kondisi tersebut, Benitez menegaskan bahwa prestasi klub tidak berhubungan dengan masalah utang atau masalah lain. Pelatih dan pemainlah yang dapat menentukan kesuksesan tim.

"Satu-satunya cara mengubah hal di klub ini adalah konsentrasi pada apa yang bisa saya kendalikan. Saya dapat bekerja sama dengan pemain, menganalisis apa yang salah dan mencoba hal benar di lapangan," ujarnya.

"Saya tidak bisa bilang hal lain karena itu tak memengaruhi laga. Saya harus konsentrasi pada apa yang bisa saya lakukan bersama pemain. Kami tahu bahwa ada perbedaan kondisi keuangan (Liverpool dan MU) tapi kami punya penggemar lebih baik," sambungnya.

The Guardian mencatat, duel nanti malam akan menjadi laga ke-200 bagi Benitez selama menangani "The Kop" di Liga Inggris. Dari catatan itu, Benitez telah menghasilkan 113 kemenangan untuk timnya. Catatan ini sama dengan yang pernah direkam oleh Bob Paisley. Hanya Kenny Dalglish yang memiliki persentase kemenangan terbaik setelah melatih Liverpool pada laga ke-200.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com