Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persipura Kena Sanksi Berat

Kompas.com - 23/07/2009, 20:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Hinca Pandjaitan mengatakan, pihaknya harus tegas dalam menegakkan sportivitas dalam arena sepak bola. Begitu juga saat pihaknya menentukan sanksi yang harus diterima klub Persipura Jayapura yang melakukan mogok dengan menolak melanjutkan permainan di menit ke-61 di final Copa Dji Sam Soe.

Hinca mengatakan pihaknya harus menghukum Persipura yang merupakan juara kompetisi Liga Super Indonesia 2008/2009 dengan hukuman tidak boleh mengikuti Copa Dji Sam Soe 2009/2010.

"Selain itu Persipura Jayapura harus mengembalikan seluruh price money yang mereka dapat selama mengikuti Copa Dji Sam Soe 2008/2009," ungkapnya di Sekretariat PSSI, Kamis (23/7).

Selain Persipura, Hinca mengatakan Komdis juga memberikan sanksi kepada pemain Persipura seperti Roberto Gonsalves yang diberi sanksi tidak boleh merumput di persepakbolaan Indonesia selama tiga tahun dan denda Rp 150 Juta. Pemain Persipura lainnya yang mendapat sanksi tiga tahun tidak boleh  merumput di Indonesia adalah Ernest Jeremiah dan denda Rp 100 Juta.

"Komdis tidak memberikan sanksi kepada satu pemain Persipura selain kedua pemain asing tersebut, namun Komdis hanya memberi sanksi kepada Ketua umum Persipura MR Kambu berupa sanksi dua tahun tidak boleh aktif di persepakbolaan nasional dan denda Rp 100 Juta," ujarnya.

Mengenai sanksi kepada MR Kambu yang juga Walikota Jayapura, Hinca mengatakan Komdis terpaksa memberikan sanksi itu karena Kambu dinilai yang paling bertanggung jawab terhadap seluruh sikap pemain Persipura lainnya.

"Dengan kata lain, Kambu menanggung seluruh dosa para pemain Persipura," tandasnya.

Roberto Gonsalves dijelaskan Hinca mendapat sanksi dari Komdis karena sebagai pemain asing, dia tidak pantas menunjukkan sikap yang berlebihan dengan mengeluarkan sejumlah uang yang diambil dari amplop kemudian ditunjukkan kepada perangkat pertandingan dalam hal ini wasit dan asisten wasit yang bertugas.

"Sementara Jeremiah terlihat oleh seluruh anggota Komdis termasuk saya saat menanduk dada wasit Purwanto, ini tindakan yang tidak sportif, makanya kita beri sanksi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com