Gara-gara Rasis, Juventus Dihukum

Kompas.com - 21/04/2009, 01:24 WIB
Editor

ROMA, KOMPAS.com - Juventus akan menjamu Lecce dalam lanjutan Serie-A, 3 Mei mendatang tanpa pendukung. Ini adalah bentuk sanksi atas penghinaan rasis yang dilakukan Juventini kepada penyerang Inter Milan, Mario Balotelli.

Masalah bermula pada duel kedua kubu pada Derbi Italia, akhir pekan lalu. Saat itu, gelandang Juventus, Tiago mendapat kartu merah menyusul pelanggarannya kepada Balotelli dan Sulley Muntari.

Hal itu mengundang kemarahan pendukung Juventus kepada Balotelli. Mereka pun menggelar paduan suara mengolok-olok Balotelli, yang adalah keturunan imigran Ghana.

Presiden Juventus, Giovanni Cobolli Gigli mengutuk perilaku pendukungnya itu dan bentuk-bentuk pelecehan rasis serupa. "Atas nama Juventus dan pendukung kami, saya secara tegas mengutuk pelecehan rasis terhadap pemain Inter Milan, Mario Balotelli," seru Gigli.

"Tak ada pengecualian atau pembenaran mengenai perilaku seperti ini. Pendukung sepak bola boleh marah tetapi episode seperti ini (pelecehan rasis) tak bisa dibenarkan. Bersama, kita semua harus mencoba mempromosikan budaya olahraga untuk menjauhi dan melawan rasisme," lanjut Gigli.

Menanggapi itu, hakim olahraga, Giampaolo Tossel menilai, bahwa klub seharusnya melakukan lebih dari sekadar pernyataan untuk mencegah penghinaan seperti itu. Menurutnya, klub dan pendukung belum mengusahakan itu.

"Tak ada perlawanan dari pendukung-pendukung lain untuk tidak melibatkan diri (dalam pelecehan rasial) atau intervensi yang bisa mencegah (terjadinya pelecehan) dari pihak klub," ujar Tossel. (AP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.