Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandaskan Skotlandia, Belanda Kokoh di Puncak Klasemen

Kompas.com - 29/03/2009, 04:45 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Belanda berhasil mengandaskan Skotlandia 3-0 dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, di Stadion Amsterdam Arena, Minggu (29/3) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Belanda semakin kokoh di puncak klasemen Grup 9 zona kualifikasi Eropa dengan mengantongi nilai 16 dari empat pertandingan.

Pada pertandingan itu, Belanda bermain menyerang sejak menit pertama. Sayangnya, tak banyak serangan yang sempat terbuang karena penyelesaian akhir yang kurang sempurna.  Skotlandia berhasil memotong alur serangan Belanda sebelum masuk kotak penalti.

Belanda harus memanfaatkan bola mati untuk memecah kebuntuan. Pada menit ke-30, gol Belanda terlahir melalui Klaas-Jan Huntelaar yang menanduk tendangan bebas Mark van Bommel dari sisi kanan lapangan.

Unggul satu gol tak membuat perjuangan Belanda selanjutnya lebih mudah. Skotlandia yang tak mau menyerah terus meredam gempuran Tim Kincir Angin. Meski begitu, kualitas akhirnya tetap bicara. Belanda akhirnya berhasil mencetak gol kedua menjelang akhir babak pertama melalui Robin van Persie, yang lagi-lagi terjadi karena bola mati.

Mendapat hadiah tendangan penjuru, Arjen Robben dipercaya mengurusnya. Pemain Real Madrid ini lalu mengirim bola ke tengah kotak penalti. Van Persie yang sudah mengamati dari pinggir kotak penalti, berlari menyongsong bola. Tandukkannya pun langsung merobek jala McGregor.

Memasuki babak kedua, permainan makin dikuasai Belanda. Pergerakan Dirk Kuyt dan Robben beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Skotlandia. Namun, Belanda belum mampu menambah keunggulan ketika Van Persie mengalami cedera di kepala akibat benturan dengan bek Skotlandia, Christophe Berra pada menit ke-64. Van Persie pun ditarik dari permainan dan digantikan oleh gelandang Wesley Sneijder.

Memasuki menit ke-70, Skotlandia memberanikan diri bermain terbuka. Mereka mulai menguasai bola dan mengurung lapangan permainan Belanda. Pada menit ke-75, Skotlandia berhasil mengoyak jala Stekelenburg. Namun, wasit Laurent Duhamel menganulir gol itu, untuk alasan yang tidak jelas.

Mendapat kesempatan menguasai bola, Belanda balik menekan. Serbuan kali ini berujung pelanggaran oleh Berra kepada Huntelaar di kotak penalti. Dirk Kuyt yang dipercaya mengeksekusi penalti berhasil melepas bola ke sisi kiri gawang, mengecoh McGregor yang telanjur menjatuhkan diri ke kanan. Belanda unggul 3-0 di menit ke-77.

Bagi Skotlandia, hasil buruk ini membuat poin mereka tertahan di angka empat dari empat pertandingan. Dengan begitu, Skotlandia pun turun ke peringkat ketiga. Walau mengantongi nilai sama dengan Islandia yang menghuni posisi kedua, Skotlandia kalah selisih gol.


Susunan pemain:
Belanda: Stekelenburg; Van Der Wiel, Joris Mathijsen, Ooijer, Van Bronckhorst; Van Bommel, De Jong (Schaars 80'), Robben; Kuyt, Huntelaar (Afellay 80'), Van Persie (Sneijder 64')
Skotlandia: McGregor; Alexander (Hutton 73'), Berra, Caldwell, Naysmith; Brown, Fletcher, Ferguson, Teale (Morrison 85'); McCormack, Miller

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com